Perspektif Pembelajaran Matematika Pada Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar
Abstract
Dampak pandemi covid-19 terhadap dunia pendidikan membawa banyak perubahan pada proses pembelajaran di sekolah terutama pada pelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran matematika serta perspektif guru dan orang tua siswa mengenai pelaksanaan pembelajaran matematika di masa pandemi covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan wawancara. Penelitian dilaksanakan di SD 1 Piji. Subjek penelitian ini adalah guru dan orang tua siswa kelas 4 tahun ajaran 2021/2022. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dilaksanakan secara daring pada masa pandemi covid-19. Perspektif guru mengenai kondisi ini dipandang kurang efektif karena adanya beberapa hambatan. Sedangkan perspektif orang tua siswa juga memandang adanya kendala seperti biaya pendidikan dan kesulitan memahami isi pelajaran untuk membimbing siswa belajar di rumah.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Anhusadar, L., & Islamiyah, I. (2020). Penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Anak Usia Dini di Tengah Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 463. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.555
Basa, Z. A., & Hudaidah, H. (2021). Perkembangan Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Matematika Siswa SMP pada Masa Pandemi COVID-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 943–950. Retrieved from https://www.edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/461
Beiu, C., Mihai, M., Popa, L., Cima, L., & Popescu, M. N. (2020). Frequent Hand Washing for COVID-19 Prevention Can Cause Hand Dermatitis: Management Tips. Cureus, 12(4), 1–5. https://doi.org/10.7759/cureus.7506
Handayani, S. D., & Irawan, A. (2020). Pembelajaran matematika di masa pandemic covid-19 berdasarkan pendekatan matematika realistik. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 6(2), 179–189. https://doi.org/10.29407/jmen.v6i2.14813
Haqien, D., & Rahman, A. A. (2020). Pemanfaatan Zoom Meeting untuk Proses Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 5(1). https://doi.org/10.30998/sap.v5i1.6511
Hasbullah, & Sajiman, S. U. (2021). Persepsi Siswa Atas Pembelajaran Matematika di Era New Normal. KoPeN : Konferensi Pendidikan Nasional, 3(58), 238–244.
Izzah, L., Bahar, H., & Yanti, W. (2020). Efektivitas Pembelajaran Matematika Daring Melalui Quantum E-Learning Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SMK Grafika. Prosiding Seminar Nasional Penelitian …, (1), 1–10. Retrieved from https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit/article/view/8823
Kencanawaty, G., Febriyanti, C., & Irawan, A. (2020). Tantangan dan Strategi Pembelajaran Matematika di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) dampak dari Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Dan Diskusi Panel Pendidikan Matematika, (58), 215–220.
Kusumaningrum, B., & Wijayanto, Z. (2020). Apakah Pembelajaran Matematika Secara Daring Efektif? (Studi Kasus pada Pembelajaran Selama Masa Pandemi Covid-19). Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(2), 139–146. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/kreano/article/view/25029
Ngafifah, S. (2020). Penggunaan Google Form Dalam Meningkatkan Efektivitas Evaluasi Pembelajaran Daring Siswa Pada Masa Covid19 Di Sd It Baitul Muslim Way Jepara. As-Salam: Jurnal Studi Hukum Islam & Pendidikan, 9(2), 123–144. https://doi.org/10.51226/assalam.v9i2.186
Onde, M. kasih L. O., Aswat, H., Sari, E. R., & Meliza, N. (2021). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (TMT) di Masa New Normal terhadap Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4400–4406. Retrieved from https://edukatif.org/index.php/edukatif/index
Singhal, T. (2020). A Review of Coronavirus Disease-2019 (COVID-19). Indian Journal of Pediatrics, 87(4), 281–286. https://doi.org/10.1007/s12098-020-03263-6
Suprijono, A. (2020). Kesiapan Dunia Pendidikan Menghadapi Era New Normal. In IAIN Parepare Nusantara Press.
DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v7i1.937
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Published by:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Universitas Nahdlatul Ulama Blitar