Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berpendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Kompetensi Literasi Membaca

Arivia Ayu Budiarti, I Made Sulandra, Suparti Suparti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku cerita bergambar kontekstual yang valid, praktis dan efektif, selain untuk meningkatkan kompetensi literasi membaca siswa. Kami hanya menggunakan 9 dari 10 tahap pengembangan. Subyek penelitian ini adalah beberapa siswa kelas IV SD Muhammadiyah Nganjuk Tahun Pelajaran 2019/2020. Teknik pengumpulan data adalah wawancara, observasi, dan angket. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kualitas buku bergambar dikategorikan layak untuk siswa, karena memenuhi kriteria validitas dengan tingkat yang cukup valid. Berdasarkan hasil penelitian telah dijelaskan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa, dari persentase ketuntasan awal 72% hingga tes terakhir memperoleh persentase ketuntasan 93%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan buku bergambar dengan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan kompetensi literasi membaca siswa.


Keywords


Buku Cerita Bergambar; Pendekatan Kontekstual; Literasi Membaca

References


Abidin, Yunus. Dkk. 2017. Pembelajaran Literasi Strategi: Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca dan Menulis. Jakarta: Bumi Aksara.

Adipta Hendra, dkk. 2016. Pemanfaatan buku cerita bergambar Sebagai Sumber Bacaan Anak SD. Semarang : Universitas Negeri Malang (online), tersedia : http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/download/6337/2706, diunduh, tanggal 13 Oktober 2020

Ahyani Nur, Latifah, dkk. 2018. Buku Ajar Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Kudus : Universitas Muria Kudus (online). tersedia: http//:BUKUPERKEMBANGANANAK, diunduh, tanggal 21 Oktober 2019

Al- Tabany, Trianto Ibnu Badar. 2014.Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Prenamedia Group

Fatmala, Etiya Nurul, dkk. Pengembangan Modul Pembelajaran Kontekstual berbasis Multipresentasi Pada Materi Hukum Newton Tentang Gravitasi. Tersedia:https://media.neliti.com/media/publications/120336-ID-pengembangan-modul-kontekstual-berbasis.pdf, diunduh tanggal 13 Oktober 2020

Kunlathifah Ummi. 2017. Pengembangan Media Cerpen dalam Bentuk Mini Book pada Materi Sistem Pencernaan Siswa Kelas XI SMA Negeri 9 Makassar. Makassar : Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar (online). tersedia: http//:UMMIKUNLATHIFAH, diunduh, tanggal 13 Nopember 2019

Krisnawan, Hilarius A. 2017. Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Pendidikan Anti Korupsi Untuk Pembelajaran Membaca Siswa Kelas II B SD Negeri Dayuharjo Tahun Pelajaran 2016-2017, Skripsi, Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta

Maulita, I. 2015. Pengembangan Bahan Ajar IPA Terpadu Berbasis Literasi Sains Bertema Aplikasi Gaya Dalam Kehidupan, Skripsi, Universitas Negeri Semarang, Semarang

Mitchell, D. 2003. Children’s Literature an Imitation to the Word. Michigan State University.

NCREL & Metiri Group. (2003). enGauge 21st century skills: digital literacy for digital age. Napierville, IL and Los Angeles, CA: NCREL and Metiri. Tersedia:https://www.researchgate.net/publication/313064817_IMPLEMENTASI_DIGITAL-AGE_LITERACY_DALAM_PENDIDIKAN_ABAD_21_DI_INDONESIA (diunduh 13 Oktober 2020)

Nurgiyantoro, Burhan. 2005. Sastra anak: pengantar pemahaman dunia anak. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press . http://digilib.unila.ac.id/3907/15/BAB%20II.pdf (10 Mei 2020)

Rothlein, L., dan A.M. Meinbach. 1991. The Literature Connection: Using Children’s Books in The Classroom. Glenview: Scoot Foresman.

Sarwono Jonathan. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Candi Gerbang Permai

Salisbury, M., dan M. Styles. 2012. Children’s Picturebooks: The Art of Visual Storytelling. London: Laurence King Publishing LTD

Setyaningsih, Florentina P. 2017. Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Pendidikan Antikorupsi Untuk Pembelajaran Membaca Siswa Kelas III B SD Kanisius Wirobrajan I Yogyakarta. Skripsi. Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta.

Sugiyono. 2011. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Sukardi. 2013. Metodologi Penelitian. Jakarta :Bumi Aksara

Trianto. (2009). Mendesain model pembelajaran inovatif-progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Wisangnuari, Secundina K. 2017. Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Pendidikan Lingkungan Hidup Untuk Pembelajaran Membaca Siswa Kelas III SD Kanisius Kuumendaman Yogyakarta, Skripsi, Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v6i3.641

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published by:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Universitas Nahdlatul Ulama Blitar