Peningkatan Kinerja Guru Teknik Komputer Jaringan Dalam Melaksanakan Pembelajaran Melalui Supervisi Klinis Di SMK Negeri Kota Blitar

Imam Machfud, Abd.Charis Fauzan, Veradella Yuelisa Mafula

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah supervisi klinis dapat meningkatktan kinerja guru Teknik Komputer Jaringan dalam melaksanakan pembelajaran di SMK Negeri Kota Blitar. Untuk mengetahui keefektifan hasil pelaksanaan supervisi klinis dalam meningkatkan kinerja guru dalam kegiatan pembelajaran perlu diadakan analisa data. Pada penelitian ini data dianalisa menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu suatu metode penelitian yang bersifat menggambarkan kenyataan atau fakta kinerja guru sesuai data yang diperoleh dari instrumen yang telah disiapkan.  Berdasarkan pengolahan data dan pembahasan yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa kegiatan supervisi klinis dapat meningkatkan kinerja guru SMK Negeri Kota Blitar. Temuan ini  dibuktikan adanya tingkat perkembangan penilaian kinerja guru mulai dari siklus pertama sampai siklus kedua ada peningkatan yang sangat signifikan. Pada siklus pertama rata-rata penilaian kinerja guru sebesar 75,94, siklus kedua naik menjadi 84,24. Implikasi temuan ini bahwa tindakan supervisi klinis yang dilakukan secara kemitraan yang baik dan bersifat terbuka dapat menjamin peningkatan kualitas kinerja guru semakin baik.


Keywords


Peningkatan kinerja guru; pembelajaran; supervise klinis

References


Agus Dharma, 2004. Managemen Supervisi: Petunjuk Bagi Supervisor. Jakarta: PT Raja Grafindo Perkasa.

Muyasa, 2005. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya

Permendiknas. 41/2007 standar Proses. Jakarta: Dikdasmen

Rutan, Rusli dkk. 2002. Supervisi Pendidikan Jasmani: Konsep dan Praktek. Jakarta: Dirjendikdasmen bekerjasama dengan Dirjen Olahraga

Sardiman, 2005. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Sergeovanni, Thomas J dan Starratt, Robert J. 1998. Supervision: A Redifinition. New York: Mc Graw-Hill, Inc.

Soetopo, Hendyat. 2005. Pendidikan dan Pembelajaran, Teori, Permasalahan dan Praktik. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.




DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v6i2.606

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published by:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Universitas Nahdlatul Ulama Blitar