Peningkatan Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Alam melalui Model Pembelajaran Inside Outside Cyrcle (IOC)
DOI:
https://doi.org/10.28926/briliant.v2i2.47Keywords:
ipa, inside outside cyrcle (IOC),Abstract
Melihat tingkat ketuntasan belajar yang masih cukup rendah guru mencoba mengembalikan konsep pemikiran pada konsep pembelajaran IPA, dimana siswa dan lingkungan adalah merupakan suatu kesatuan yang tidak terpisahkan. Oleh karena itu pembelajaran dilakukan dengan mengkaitkan antara pengalaman dan pengetahuan siswa dengan materi yang dikaji. Sesuai dengan hal tersebut, peneliti mengambil langkah untuk meneliti tentang penerapan model pembelajaran Inside Outside Cyrcle (IOC). Hasil menunjukkan Terjadi peningkatan prestasi belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam melalui model pembelajaran Inside Outside Cyrcle.References
Aqib, Zainal. 2012. Profesionalisme Guru dalam Pembelajaran. Surabaya: Insan Cendekia.
Arikunto, Suharsimi. 2009. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta
Fathurrohman, Pupuh. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Refika Aditama.
Lie, Anita. 2008. Cooperative Learning: Mempraktikkan Cooperative Learning Di Ruang-ruang Kelas. Jakarta: Grasindo.
Prayitno, 2013. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.
Sukidin. 2012. Manajemen Penelitian Tindakan Kelas. Surabaya: Insan Cendekia.
Surya, HM. 2003. Kapita Selekta Kependidikan SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Sudarwan, Danim. 2011. Psikologi Pendidikan. Bandung:Alfabeta
Yusuf, Syamsu. 2010. Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung Remadja Rosdakarya.




