Peningkatan Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Alam melalui Model Pembelajaran Inside Outside Cyrcle (IOC)

Authors

  • Sukari Sukari SDN 2 Dukuh Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek

DOI:

https://doi.org/10.28926/briliant.v2i2.47

Keywords:

ipa, inside outside cyrcle (IOC),

Abstract

Melihat tingkat ketuntasan belajar yang masih cukup rendah guru mencoba mengembalikan konsep pemikiran pada konsep pembelajaran IPA, dimana siswa dan lingkungan adalah merupakan suatu kesatuan yang tidak terpisahkan. Oleh karena itu pembelajaran dilakukan dengan mengkaitkan antara pengalaman dan pengetahuan siswa dengan materi yang dikaji. Sesuai dengan hal tersebut, peneliti mengambil langkah untuk meneliti tentang penerapan model pembelajaran Inside Outside Cyrcle (IOC). Hasil menunjukkan Terjadi peningkatan prestasi belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam melalui model pembelajaran Inside Outside Cyrcle.

References

Aqib, Zainal. 2012. Profesionalisme Guru dalam Pembelajaran. Surabaya: Insan Cendekia.

Arikunto, Suharsimi. 2009. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

Fathurrohman, Pupuh. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Refika Aditama.

Lie, Anita. 2008. Cooperative Learning: Mempraktikkan Cooperative Learning Di Ruang-ruang Kelas. Jakarta: Grasindo.

Prayitno, 2013. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Sukidin. 2012. Manajemen Penelitian Tindakan Kelas. Surabaya: Insan Cendekia.

Surya, HM. 2003. Kapita Selekta Kependidikan SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sudarwan, Danim. 2011. Psikologi Pendidikan. Bandung:Alfabeta

Yusuf, Syamsu. 2010. Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung Remadja Rosdakarya.

Downloads

Published

2017-04-17

Issue

Section

Education and Social Science