Model Quantum Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pecahan
DOI:
https://doi.org/10.28926/briliant.v2i2.41Keywords:
Quantum Learning, Aktivitas, hasil belajar,Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan model pembelajaran Quantum Learning pada materi pecahan dapat meningkatkan aktifitas belajar dan hasil belajar siswa. Subyek penelitian sebanyak 25 siswa. Berdasarkan hasil analisis diperoleh, hasil belajar siswa yang tuntas siklus I sebanyak 14 siswa dengan ketuntasan klasikal 56% dan meningkat pada siklus II sebanyak 21 siswa ketuntasan klasikal 84%. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Quantum Learning pada materi pecahan dapat meningkatkan aktifitas belajar siswa dan hasil belajar matematika siswa.References
Arikunto, Suharsini. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsini, dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Buni Aksara Cipta.
Bobbi DePorter & Mike Hernacki. 2011. Quantum Learning. Bandung: Kaifa, Mizan Pustaka
DePorter Bobbi De Porter, Mark Reardom dan Sarah-Nouri Singer. 2010 Quantum Teaching: Mempraktikkan Quantum Learning di Ruang-ruang Kelas. Bandung: Kaifa, Mizan Pustaka
Dimyati dan Mujdiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Hudojo, Herman. 2005. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang : Universitas Negeri Malang (UM PRESS).
Ihsan, Fuad. 2005. Dasar-dasar Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Purwanto, N. 1988. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Widyastantyo, Hermawan. 2007. Penerapan Metode Quantum Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA (SAINS) Bagi Siswa Kelas V SD Negeri Kebonsari Kabupaten Temanggung. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang. http://hermawanwidyastantyo. blogspot.com/1102402031(2007). (diakses tanggal 19 Juli 2014)




