Model Quantum Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pecahan

Authors

  • Wiji Astuti SDN PAYUNGREJO KUTOREJO MOJOKERTO

DOI:

https://doi.org/10.28926/briliant.v2i2.41

Keywords:

Quantum Learning, Aktivitas, hasil belajar,

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan model pembelajaran Quantum Learning pada materi pecahan dapat meningkatkan aktifitas belajar dan hasil belajar siswa. Subyek penelitian sebanyak 25 siswa. Berdasarkan hasil analisis diperoleh, hasil belajar siswa yang tuntas siklus I sebanyak 14 siswa dengan ketuntasan klasikal 56% dan meningkat pada siklus II sebanyak 21 siswa ketuntasan klasikal 84%. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Quantum Learning pada materi pecahan dapat meningkatkan aktifitas belajar siswa dan hasil belajar matematika siswa.

References

Arikunto, Suharsini. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsini, dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Buni Aksara Cipta.

Bobbi DePorter & Mike Hernacki. 2011. Quantum Learning. Bandung: Kaifa, Mizan Pustaka

DePorter Bobbi De Porter, Mark Reardom dan Sarah-Nouri Singer. 2010 Quantum Teaching: Mempraktikkan Quantum Learning di Ruang-ruang Kelas. Bandung: Kaifa, Mizan Pustaka

Dimyati dan Mujdiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Hudojo, Herman. 2005. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang : Universitas Negeri Malang (UM PRESS).

Ihsan, Fuad. 2005. Dasar-dasar Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Purwanto, N. 1988. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Widyastantyo, Hermawan. 2007. Penerapan Metode Quantum Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA (SAINS) Bagi Siswa Kelas V SD Negeri Kebonsari Kabupaten Temanggung. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang. http://hermawanwidyastantyo. blogspot.com/1102402031(2007). (diakses tanggal 19 Juli 2014)

Downloads

Published

2017-04-17

Issue

Section

Education and Social Science