Meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui Model Number Head Together Berbantuan Mind Mapping

Authors

  • Poso Sumarto SDN Beloh Kecamatan Trowulan Kabupaten Mojokerto

DOI:

https://doi.org/10.28926/briliant.v2i2.39

Keywords:

number head together, mind mapping,

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik melalui pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) dengan media Mind Mapping pada materi pokok luas bangun datar. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VI di SDN Beloh Trowulan Mojokerto. Berdasarkan analisis data, secara klasikal menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik pada siklus I sebesar 42,50% dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 40% menjadi 82,50%. Sehingga dapat dikatakan bahwa ketuntasan hasil belajar didik telah tercapai pada siklus II.

References

Ahmadi, Rulam. 2014. Pengantar Pendidikan: Asas & Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Arikunto, Suharsimi,. 2002. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Ekawarna. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Gaung PersadaLindayani, D dan Murtadlo, M A. 2011. Manajemen Pembelajaran Inovatif. Surabaya: Iranti Mitra Utama.

Rozak, A dan Hidayati, W S. 2013. Pengolahan Data Dengan SPSS. Trowulan Mojokerto : STKIP PGRI Trowulan Mojokerto

Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Beorientasi Kontruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Downloads

Published

2017-04-17

Issue

Section

Education and Social Science