Peningkatan Kompetensi Sains melalui Model Pembelajaran Permainan Berpasangan
DOI:
https://doi.org/10.28926/briliant.v2i2.38Keywords:
komptensi, sains, permainan berpasangan,Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan Prestasi Belajar Sains melalui model pembelajaran berpendapat dalam permainan berpasangan siswa kelas kelas IV SDN Panggih Mojokerto. Subjek penelitian ini adalah kelas IV SDN Panggih , Mojokerto. Dari hasil pengolahan dan analisis data siklus I dan II terdapat kenaikan sebagai berikut : Nilai rata-rata siklus I sebesar 65,33 mengalami kenaikan menjadi 70,87 pada siklus II. Ketuntasan belajar telah mencapai 27 siswa atau 90% padasiklus II dan pada siklus I yang tuntas 22 siswa atau 73,33%, dengan demikian terjadi kenaikan ketuntasan belajar sebanyak 5 siswa atau sebesar 16,67%.References
Dahar, Ratna Wilis. 1988, Teori-teori Belajar. Bandung: P2LPTK
Dhori, Abu. 1997, Metodelogi Pembelajaran, PPPG IPS dan PMP, IKIP Mdalamng
Djamarah. Bakri. 1994. Prestasi Belajar Dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.
Muhajir, Noeng. 1993. Subjek didik, Jakarta: Rineka Cipta
Pasaribu, JJ., & Moedjiono, 1995. Proses Belajar Mengajar, Bandung: CV. Remaja karya
Subagyo Rahman, 1984, Belajar PemBelajAran dan Metode-metode dalam Pemeblajaran, Jakarta: BRI Urusan Pendidikan dan Pelatihan.
Silberman, Melvin L. 2005, Active Learning 101: Cara Belajar Siswa Aktif, Bandung: Nusamedia.
Sriyono, dkk, 1991, Teknik Belajar Mengajar Dalam CBSA, Jakarta. RinekaKarya
Syah, Muhibbin. 2005. Psikologi Pendidikan Suatu Pendekatan Baru Bandung: Rsdakarya
Usman, M.U. 1995, Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya




