Peningkatan Kompetensi Sains melalui Model Pembelajaran Permainan Berpasangan

Authors

  • Slamet Mulyono SDN Panggih Kec. Trowulan Kab. Mojokerto

DOI:

https://doi.org/10.28926/briliant.v2i2.38

Keywords:

komptensi, sains, permainan berpasangan,

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan Prestasi Belajar Sains melalui model pembelajaran berpendapat dalam permainan berpasangan siswa kelas kelas IV SDN Panggih Mojokerto. Subjek penelitian ini adalah kelas IV SDN Panggih , Mojokerto. Dari hasil pengolahan dan analisis data siklus I dan II terdapat kenaikan sebagai berikut : Nilai rata-rata siklus I sebesar 65,33 mengalami kenaikan menjadi 70,87 pada siklus II. Ketuntasan belajar telah mencapai 27 siswa atau 90% padasiklus II dan pada siklus I yang tuntas 22 siswa atau 73,33%, dengan demikian terjadi kenaikan ketuntasan belajar sebanyak 5 siswa atau sebesar 16,67%.

References

Dahar, Ratna Wilis. 1988, Teori-teori Belajar. Bandung: P2LPTK

Dhori, Abu. 1997, Metodelogi Pembelajaran, PPPG IPS dan PMP, IKIP Mdalamng

Djamarah. Bakri. 1994. Prestasi Belajar Dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.

Muhajir, Noeng. 1993. Subjek didik, Jakarta: Rineka Cipta

Pasaribu, JJ., & Moedjiono, 1995. Proses Belajar Mengajar, Bandung: CV. Remaja karya

Subagyo Rahman, 1984, Belajar PemBelajAran dan Metode-metode dalam Pemeblajaran, Jakarta: BRI Urusan Pendidikan dan Pelatihan.

Silberman, Melvin L. 2005, Active Learning 101: Cara Belajar Siswa Aktif, Bandung: Nusamedia.

Sriyono, dkk, 1991, Teknik Belajar Mengajar Dalam CBSA, Jakarta. RinekaKarya

Syah, Muhibbin. 2005. Psikologi Pendidikan Suatu Pendekatan Baru Bandung: Rsdakarya

Usman, M.U. 1995, Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya

Downloads

Published

2017-04-17

Issue

Section

Education and Social Science