PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI KOMPLEK MELALUI MODEL STAD PADA SISWA SMA

Authors

  • Moch Saleh SMA Negeri 1 Gading Kecamatan Gading Kabupaten Probolinggo

DOI:

https://doi.org/10.28926/briliant.v1i1.14

Keywords:

kemampuan, menulis, teks eksplanasi komplek, STAD

Abstract

Banyak kegiatan yang berhubungan erat dengan keterampilan menulis, misalnya membuat ikhtisar, membuat catatan, menulis notulen, menulis berbagai macam surat, menulis rancangan kegiatan, sampai pada kemampuan menulis karya ilmiah. Tulisan teks eksplanasi komplek merupakan tulisan yang menceritakan suatu peristiwa yang tersusun secara teratur. Sementara itu Student Teams Achievement Division (STAD) merupakan salah satu metode yang sangat mengutamakan kerjasama yang baik di dalam tim. Kemampuan menulis teks ekplanasi komplek siswa kela XI MIA – 2 SMA Negeri I Gading pada siklus I sebanyak (52%) tuntas belajar dan (48%) siswa belum tuntas belajar. Kemudian setelah dilakukan tindakan pada siklus II diperoleh hasil belajar sebanyak (95%) tuntas belajar dan (5%) belum tuntas belajar

Downloads

Published

2016-11-14

Issue

Section

Education and Social Science