PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI KAIDAH FUNDAMENTAL BANGSAKU DENGAN TEKNIK JIGSAW DI SMAN I GADING
DOI:
https://doi.org/10.28926/briliant.v1i1.13Keywords:
hasil belajar, fundamental bangsaku, jigsawAbstract
Tujuan penelitian yang ingin dicapai : (a) Pendeskripsian langkah-langkah dalam proses pembelajaran, (b) Menjelaskan peranan media gambar dalam membantu siswa dalam peningkatan kemampuan, (c) Menyempurnakan pelaksanaan pembelajaran PPKn. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua Siklus, setiap putaran terdiri empat tahap ; perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Data yang diperoleh berupa hasil tes dan lembar observasi kegiatan belajar mengajar, dari hasil analisis didapatkan perestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II ; siklus I (51,5%) dan siklus II (85,5%). Kesimpulan dari penelitian dengan metode pembelajaran model Jigsaw dapat berpengaruh positif tehadap prestasi dan motivasi belajar siswa kelas X MIA-3 SMAN 1 Gading, sehingga model pembelajan ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran PPKnDownloads
Published
2016-11-14
Issue
Section
Education and Social Science