Aplikasi Wingeom Dan Media Lectora Inspire Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Bangun Ruang Geometri

Ardhi Sanwidi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran yang valid, praktis, dan efektif dengan bantuan media pembelajaranLectora Inspiredan aplikasiWingeompada materi bangun ruang. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan lima tahapan (ADDIE) yaitu: tahapanalisis (Analysis), desain (Design), pengembangan (Development), implementasi(Implementation), dan evaluasi (Evaluation). Berdasarkan hasil dari validasi ahli, perangkat dan media yang digunakan dalam pembelajaran memenuhi kriteria valid dengan prosentase sebesar 98%, serta kepraktisan dalam pembelajaran dilihat dari aktivitas dosen dan mahasiswa dimana pada pertemuan pertama sampai akhir terus meningkat sehingga perangkat dan media yang digunakan dapat dikatakan praktis. Dari penilaian evektif dapat dilihat pada hasil nilaipreetestdanposttestmahasiswa dengan nilai signifikan 10,81. Dari hasil analisis dapat dikatakan penggunaan medialectoradanwingeomdalam pembelajaran pada materi geometri bidang 3 dimensi ini praktis, valid dan evektif. Penggunaan medialectoradapat membuat pembelajaran menjadi lebih menarik, serta penggunaan aplikasiwingeommempermudah mahasiswa dalam mengabstraksi bangun 3 dimensi pada materi geometri dan mejadikannyagambar geometri yang abstrakmenjadi lebih nyata..


Keywords


Wingeom, Lectora Inspire, Bangun Ruang Geometri

References


A. Sanwidi and G. T. Swastika, Lectora Inspire in Learning Congruence Triangles in Higher Education, JIPM (Jurnal Ilm. Pendidik. Mat., vol. 7, no. 1, p. 66, 2018.

A. Sanwidi and G. T. Swastika, Direct learning models assisted by Lectora Inspire media to improve the understanding of geometry concepts, J. Phys. Conf. Ser., vol. 1188, p. 012061, 2019.

D. Sofnidar et al., Penerapan Pendekatan PMRI untuk Meningkatkan Kemampuan Konsep Geometri Mahasiswa PGSD Universitas Jambi, pp. 489504, 2013.

Fidan Y and Trnkl E, Examination of 5th grade students levels of geometric thinking in terms of some variables, Pamukkale University Journal of Education, 2010.

J. A. Van de Walle, Elementary and Middle School Mathematics, Sixth edit. Virginia Commonwealth University, 2016.

K. Hernawati et al., Pengembangan perangkat pembelajaran geometri berbasis ict untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis mahasiswa, Semin. Nas. Mat. dan Pendidik. Mat., pp. 16, 2013.

Kemp, J. E. & Dayton, D. K., Planning and producing instructional media. New York: Harper and Row Publisher, 1985.

Kustandi, Cecep & Bambang Suctipto, Media Pembelejaran Manual dan Digital. Bogor : Ghalia Indonesia, 2011.

M. Pratiwi and T. Septia, Efektifitas Modul Aplikasi Komputer Dengan Program Wingeom pada Materi Geometri, LEMMA, vol. III, no. 1, pp. 97107, 2016.

Masud, Muhammad, Membuat Multimedia Pembelajaran dengan Lectora, Yogyakarta:Shonif, 2012.

N. Ariani and D. Haryanto, Pembelajaran Multimedia di Sekolah Pedoman Pembelajaran Inspiratif, Konstruktif, dan Prospektif. Jakarta: Prestasi Pustaka, 2010.




DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v5i4.548

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Published by:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Universitas Nahdlatul Ulama Blitar