Penerapan Model Treffinger dengan Media Colorcard untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Materi Operasi Hitung Bilangan Pecahan
DOI:
https://doi.org/10.28926/briliant.v2i1.35Keywords:
model treffinger, media colorcard, prestasi belajar, operasi hitungAbstract
Perkembangan globalisasi yang pesat menimbulkan banyak pengaruh untuk berbagai kalangan salah satunya adalah anak-anak usia SD. Sehingga pembelajaran untuk mengembangkan kognitif dan afektif sangat diperlukan untuk menyaring pengaruh globalisasi tersebut. Jadi, membelajarkan Matematika yang salah satu mata pelajaran dalam ranah kognitif dan memasukan ranah afektif pembelajaran. Dalam kenyataannya pembelajaran tersebut diperlukan untuk anak SD Kelas 6 di SDN Tumpakrejo 5. Sehingga, membelajarkan Matematika pada materi Operasi Hitung Bilangan Pecahan dengan memasukkan nilai afektif ke dalamnya menggunakan Model pembelajaran Treffinger dengan media Color Card. Pembelajaran ini memiliki tujuan meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas 6 dengan menumbuhkan nilai afektif.References
Ahmadi, Iif Khoiru dan Sofan, Amri. 2014. Pengembangan & Model Pembelajaran Tematik Integratif. Jakarta: Prestasi Pustaka.
B.Uno, Hamzah. 2007. Model-Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar Yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: PT Bumi Aksara.
B.Uno, Hamzah dan Muhammad, Nurdin. 2013. Belajar dengan Pendekatan Paikem: Aktif, Inovatif, Lingkungan, Kreatif, Efektif, Menarik. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Huda, Miftahul. 2013. Model-model pengajaran dan pembelajaran. Pustaka Pelajar
Treffinger, Donald J. dan Isaken. 2005. Creative Problem Solving: The History, Development,and Implications for Gifted Education and Talent Development. Gifted Child Quarterly. 49(4): 343.
Joyce, Bruce dan Marsha Weil. 1986. Models of Teaching. Third Edition. New Jersey: Prentice-Hall Inc
Majid, Abdul. 2015. Strategi Pembelajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Trianto. 2009. Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta: Prestasi Pustaka.




