Umpan Balik dan Gaya Kognitif Pada Matakuliah Pembelajaran Matematika di Kediri

Authors

  • Sofwan Hadi STAIN Ponorogo

DOI:

https://doi.org/10.28926/briliant.v2i1.31

Keywords:

Umpan balik, gaya kognitif, pembelajaran matematika kelas rendah

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menemukan dan menganalisis secara empiris tentang bentuk umpan balik dan gaya kognitif terhadap kemampuan kognitif siswa. Subjek penelitian adalah mahasiswa yang menempuh mata kuliah Pembelajaran Matematika di Kelas Rendah PGSD UNP Kediri. Pemilihan kelas dilakukan dengan membuat kelas eksperimen dan kelas kontrol, dilanjutkan dengan pengelompokan mahasiswa masing-masing kelas ke dalam dua gaya kognitif yang berbeda. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain faktorial 2 x 2. Hasil menunjukkan tidak terdapat interaksi antara bentuk umpan balik dengan gaya kognitif mahasiswa terhadap kemapuan kognitif pada mata kuliah Pembelajaran Matematika di Kelas Rendah.

Author Biography

Sofwan Hadi, STAIN Ponorogo

Matematika

References

Ardana, I. M. (2008). Peningkatan Kualitas Belajar Siswa Melalui Pengembangan Pembelajaran Matematika Berorientasi Gaya Kognitif dan Berwawasan Konstruktivis. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 1(1), 1–14.

Cole, P. G., & Chan, L. (1994). Teaching principles and practice. New York: Prentice Hall.

Nasution, D. (2007). Pengaruh Urutan Bukti, Gaya Kognitif, dan Personalitas Terhadap Proses Revisi Keyakinan. Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Sofwan Hadi. (2008). Proses Konstruksi Pengetahuan Siswa Pada Pembelajaran Perbandingan Trigonometri. Universitas Negeri Malang, Malang.

Sudjana, N. (2005). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Supardi. (2008). Diktat Kuliah : Aplikasi Statistik dalam Penelitian Pendidikan. Program Pascasarjana.

Downloads

Published

2017-02-01

Issue

Section

Education and Social Science