Konselor Sebaya: Pemberdayaan Teman Sebaya dalam Sekolah Guna Menanggulangi Pengaruh Negatif Lingkungan

Sarmin Sarmin

Abstract


Hubungan sebaya memiliki peranan yang kuat dalam kehidupan remaja. Hubungan sebaya menimbulkan suatu hubungan saling percaya antar teman sebaya. Hubungan ini dapat menimbulkan suatu perilaku dimana remaja lebih percaya terhadap teman sebaya daripada dengan orang tua Sehingga pembentukan dan pelatihan konselor sebaya dapat menjadi suatu pilihan yang tepat dalam upaya membentengi anak atau remaja dari pengaruh negative lingkungan. Hal ini juga yang diterapkan oleh dinas pendidikan kota Surabaya yang mana berhasil menekan dan menanggulangi perilaku menyimpang siswanya. Dalam pemberdayaan ini hendaknya guru tetap memberikan pembinaan, pelatihan dan pendampingan.

Keywords


konselor sebaya, teman sebaya, sekolah, pengaruh negatif, lingkungan

Full Text:

PDF

References


Ardi, Zadrian., Ibrahim, Yulidar., & Said, Azrul. 2012. Capaian Tugas Perkembangan Sosial Siswa dengan Kelompok Teman Sebaya dan Implikasinya terhadap Program Pelayanan Bimbingan dan Konseling. KONSELOR: Jurnal Ilmiah Konseling, (Online), 1 (1): 1-5, (http://ejournal.unp.ac.id/index.php/konselor/article/view/522/583), diakses tanggal 21 November 2016.

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN). 2012. Pedoman Pengelolaan Pusat Informasi dan Konseling Remaja dan Mahasiswa (PIK R/M). Jakarta: Direktorat Bina Ketahanan Remaja BKKBN.

Desmita. 2015. Psikologi Perkembangan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Hakim, Abdul. 2016. Dinas Pendidikan Surabaya Terapkan Program Konselor Sebaya. (Online), (http://www.antarajatim.com/berita/ 177664/dinas-pendidikan-surabaya-terapkan-program-konselorsebaya?utm_source= fly&utm_medium=related&utm_campaign=news), diakses 28 Oktober 2016.

Hidayati, Novi Wahyu. 2016. Hubungan Harga Diri dan Konformitas Teman Sebaya dengan Kenalan Remaja. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI), 1 (2): 31-36.

Hurlock, E.B. 2002. Psikologi Perkembangan. terj. Istiwidiyanti dan Soedjarwo. Jakarta: Erlangga.

Maryatun, Wahyuni. 2011. Metode Clinic-Based dan Community Empowerment pada Pemberdayaan Pendidik dan Konselor Sebaya dalam Program Kesehatan Reproduksi Remaja di Kabupaten Sukoharjo. Gaster: Jurnal Ilmu Kesehatan, (Online), 8 (2): 731-740, (http://www.jurnal.stikes-aisyiyah.ac.id/index.php/gaster/article/view/24), diakses tanggal 28 Oktober 2016.

Pratiwi, NL., & Basuki, Hari. 2011. Hubungan Karakteristik Remaja Terkait Risiko Penularan HIV-AIDS dan Perilaku Seks Tidak Aman di Indonesia. Buletin Penelitian Sistem Kesehatan, (Online), 14 (4): 346-357,(http://ejournal.litbang.depkes.go.id/index.php/hsr/article/view/1372) diakses tanggal 21 November 2016.

Santrock, John W. 2007. Perkembangan Anak. terj. Mila Rachmawati & Anna Kuswanti. Jakarta: Erlangga.

Shohib, Muhammad, dkk. 2016. Pendampingan Kelompok Konselor Sebaya di Kota Batu. Jurnal Dedikasi, (Online), 13 (1): 34-38, (http://ejournal. umm.ac.id/index.php/dedikasi/article/view/3135), diakses tanggal 28 Oktober 2016.

Suwarjo. 2008. Konseling Teman Sebaya (Peer Counseling) untuk Mengembangkan Resiliensi Remaja. Makalah disajikan dalam Seminar Pengembangan Ilmu Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarya, 29 Februari 2008.

Usman, Irvan. 2013. Kepribadian, Komunikasi, Kelompok Teman Sebaya, Iklim Sekolah dan Perilaku Bullying. Humanitas, 10 (1): 49-60.

Wahid, LA. 2013. Konseling Sebaya Bagi Remaja (Tinjauan Teoritis dalam Mengatasi Problematika Remaja Persepektif Bimbingan dan Konseling). Al Tazkiah, (Online), 2 (1): 1-16, (http://ejurnal.iainmataram.ac.id /index.php/tazkiyah/article/download/744/988) diakses tanggal 21 November 2016.

Yusuf, Syamsu. 2016. Psikologi Perkembangan Anak & Remaja. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v2i1.30

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual

E-ISSN: 2541-4224, P-ISSN: 2541-4216

 

Published by:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Universitas Nahdlatul Ulama Blitar