Peningkatan Prestasi Belajar Sumberdaya Alam melalui Metode Demonstrasi Siswa Kelas IV SD

Supriyanto Supriyanto

Abstract


Kegiatan belajar mengajar pada mata pelajaran IPA walaupun guru sudah berusaha semaksimal mungkin tanpa di barengi metode yang relevan dengan materi pembelajaran maka hasilnya tidak akan memuaskan. Pengalaman membuktikan bahwa melihat dari perolehan hasil ulangan akhir semester untuk mata pelajaran IPA selalu berada di bawah rata-rata, yaitu 65. Ketuntasan secara klasikal masih belum tercapai dari yang ditetapkan yaitu 85 %, ketuntasan klasikal masih mencapai 68 %. Permasalahan rendahnya ketercapain ketuntasan secara klasikal dapat diataasi dengan penggunaan medode demontrasi dalam pembelajaran sumber daya alam. adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatkan prestasi belajar ipa tentang sumber daya alam melalui metode demonstrasi siswa kelas IV di SDN 2 Suko Kidul

Keywords


Prestasi belajar, sumber daya alam, demosntarsi

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 1988. Pengelolaan kelas dan siswa sebuah pendekatan Evaluatif. Rajawali. Jakarta.

Ansubel, D.P.et.al. 1978. Education Psychology A cognitive View. New York: Halt Rinchart and Winston.

Abruscato, J. 1988. Teaching Children Science Scond Edition. New Jersey.

Prentice Hall.

Bagdan, dkk. 1993.. Kualitatif: dasar-dasar Paenelitian Alih Bahasa A. Khosi Afandi. Jakarta: Usaha Nasional.

Bruner. 1997, The Praces of Educational.

Esler, WK, Esler, MK. 1984 Teaching Elementary Science. California.

wosdwoorthcPublishing Company.

Gane, Robert M. 1977. The Condition of Learning. New York: Hort Rincahart And Winston.

Muclisoh, dkk. 1992. Pendidika Bahasa Indonesia 3. Jakarta: Universitas Terbuka.

Nasution, S.1992 . Metode penelitian Naturslistik Kualitatif. Bandung: Tarsito.

Poerwdarminta. 1984. Kamus Umum Bahas Indonesia. PN. Jakarta: Balai Pustaka.

Semiawan, C, dkk. 1992. Pendekatan Ketrampilan Proses Bagaimana Mengaktifkan Siswa dalam Belajar. Jakarta: Grasindo.

Winkel, WS. 1983. Bimbingan dan Penyuluhan di Sekolah Menengah. Jakarta: Gramedia




DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v2i1.29

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual

E-ISSN: 2541-4224, P-ISSN: 2541-4216

 

Published by:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Universitas Nahdlatul Ulama Blitar