Peningkatan Motivasi Belajar Bidang Studi PPKn melalui Pemberian Pekerjaan Rumah

Puji Astuti

Abstract


Dalam pembelajaran PKn 46 % siswa mengalami kegalan karena memperoleh nilai di bawah KKM. Kegagalan tersebut dapat diatasi dengan metode pemberian PR. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar dalam pembelajaran PPKn. Tindakan yang dilakukan dlam penelitian ini terdiri atas 2 siklus. Hasil ketuntasan belajar siswa pada setiap siklus mengalami peningkatan, yaitu 70% pada sklus I meningkat menjadi 95% pada siklus II. Dari penelitian tindakan kelas ini dapat disimpulkan bahwa tradisi pemberian PR dapat memberikan kontribusi riil yaitu membantu dalam upaya peningkatan hasil belajar siswa.

Keywords


Motivasi belajar, ppkn, pekerjaan rumah

Full Text:

PDF

References


Depdikbud. 1993. Garis-garis Besar Program Pengajaran Mata Pelajaran IPA (Biologi). Jakarta: Depdikbud.

Nasution. 1982. Teknologi Pendidikan. Bandung: CV. Jammara.

Pekerti. 1991. Teori Belajar dan Teori Instruksional.

Radiastuti, dkk. 2000. Pedoman Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Riset Unggulan Terpadu (RUT) Kantor Menteri dan Dewan Risert Nasional.

Radiastuti. 2000. Pedoman Pelaksanaan Pembelajaran Science Dengan Pendekatan STM. Riset Unggulan Terpadu Kantor Menteri dan Dewan Risert Nasional.

Udin, Tita Rosita. 1994. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Universitas Negeri Malang. 2003. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Malang: BP. Universitas Negeri Malang




DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v2i1.26

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Published by:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Universitas Nahdlatul Ulama Blitar