Peningkatan Hasil Belajar Perbandingan dan Skala melalui Pembelajaran Matematika Realistik

Sri Suwarni

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa kelas VI SDN Mlirip I dalam pembelajaran perbandiangan dan skala. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN Mlirip I Tahun Pelajaran 2012/2013 dengan jumlah 24 siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas guru dalam pembelajaran yang berdampak pula pada peningkatan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran matematika pada materi perbandingan dan skala. Hasil belajar pada diskusi kelompok materi skala siklus II adalah 87,83 dan semua kelompok dinyatakan tuntas, hasil Tes-2 Siklus II ketuntasan klasikal 100% dengan peningkatan rata-rata kelas menjadi 86,33.

Keywords


hasil belajar, perbandingan, skala, matematika realistik

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta..

Hamalik,Oemar. 2007. Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Hariwijaya. 2009. Meningkatkan Kecerdasan Metematika. Yogyakarta: Tugu Publisher.

Kunandar. 2008. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembagan Profesi Guru. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Kusumah, Wijaya dan Dwitagama, Dedi. 2011. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Indeks.

Massofa. 2008. Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik. http://massofa.wordpress.com/2008/09/13/pendekatan-pembelajaran-matematika-realistik/, diakses pada 29-11-2012.

Sardirman, A.M. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Sudjana, Nana dan Ibrahim. 2009. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Suprayekti. 2003. Pembaharuan Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka




DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v2i1.25

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual

E-ISSN: 2541-4224, P-ISSN: 2541-4216

 

Published by:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Universitas Nahdlatul Ulama Blitar