Penggunaan Media Wayang untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Cerita Pendek

Authors

  • Widayati Widayati Kepala SDN Kepuharum Kec. Kutorejo Kab. Mojokerto

DOI:

https://doi.org/10.28926/briliant.v2i1.23

Keywords:

media wayang, menyimak, cerita pendek

Abstract

Berdasarkan observasi, pembelajaran inilah yang membuat peneliti merasa ingin melakukan pembelajaran yang kreatif dan inovatif untuk meningkatkan hasil belajar di SD tersebut dengan berkolaborasi dengan gurunya. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dan kualitatif. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu tes dan lembar angket. Subyek penelitian ini dilakukan pada siswa kelas V SDN Kepuharum Kutorejo. Prosedur penelitian meliputi tahapan perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Berdasarkan hasil analisis data dapat dilihat hasil tes siswa menunjukkan bahwa keterampilan menyimak cerita pendek meningkat. Pada pra siklus hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata 55. Siklus I dengan nilai rata-rata 65 dan siklus II dengan nilai rata-rata 85.

References

Abidin, Yunus. 2012. Pembelajaran Membaca Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: PT Refika Aditama.

Arikunto, S.2009.Manajemen Penelitian.Jakarta:Rineka Cipta

Djamarah, Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Faizun.2012. Kurikulum Bahan Perkuliah Prodi Stkip Jombang. Jombang: STKIP

Sudjana dan Rivai. 2013. Media Pengajaran. Bandung: Sianr Baru Algensindo

Tarigan, Henry guntur. 2008. Menulis Sebagai Suatu Ketrampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Downloads

Published

2017-02-01

Issue

Section

Education and Social Science