Penggunaan Media Wayang untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Cerita Pendek

Widayati Widayati

Abstract


Berdasarkan observasi, pembelajaran inilah yang membuat peneliti merasa ingin melakukan pembelajaran yang kreatif dan inovatif untuk meningkatkan hasil belajar di SD tersebut dengan berkolaborasi dengan gurunya. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dan kualitatif. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu tes dan lembar angket. Subyek penelitian ini dilakukan pada siswa kelas V SDN Kepuharum Kutorejo. Prosedur penelitian meliputi tahapan perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Berdasarkan hasil analisis data dapat dilihat hasil tes siswa menunjukkan bahwa keterampilan menyimak cerita pendek meningkat. Pada pra siklus hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata 55. Siklus I dengan nilai rata-rata 65 dan siklus II dengan nilai rata-rata 85.

Keywords


media wayang, menyimak, cerita pendek

Full Text:

PDF

References


Abidin, Yunus. 2012. Pembelajaran Membaca Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: PT Refika Aditama.

Arikunto, S.2009.Manajemen Penelitian.Jakarta:Rineka Cipta

Djamarah, Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Faizun.2012. Kurikulum Bahan Perkuliah Prodi Stkip Jombang. Jombang: STKIP

Sudjana dan Rivai. 2013. Media Pengajaran. Bandung: Sianr Baru Algensindo

Tarigan, Henry guntur. 2008. Menulis Sebagai Suatu Ketrampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.




DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v2i1.23

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Published by:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Universitas Nahdlatul Ulama Blitar