Supervisi Akademik Bentuk Tsubasa Meter untuk Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru

Authors

  • Srikah Srikah Guru SDN Wonodadi I, Kec. Kutorejo Kab. Mojokerto

DOI:

https://doi.org/10.28926/briliant.v2i1.22

Keywords:

Supervise akademik, tsubasa meter, profesionalisme guru

Abstract

Berdasarkan supervisi kelas, proses pembelajaran matematika didapatkan bahwa dalam menyusun rencana pembelajaran dan pelaksanaan masih rendah. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) dengan 2 siklus. Subjek pada penelitian ini adalah guru matematika dan siswa kelas IV SDN Wonodadi-1 Kutorejo Mojokerto yang berjumlah 23 siswa. Metode pengumpulan data yaitu observasi dan tes. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi penyusunan RPP, lembar observasi pelaksanaan pembelajaran dan lembar tes hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil bahwa melalui supervisi akademik dengan penerapan media Tsubasa Meter pada materi satuan panjang meningkatkan profesionalisme guru dan hasil belajar siswa.

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Dimyati. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.

Ekawarna. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Gaung Persada Press.

Iskandar. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Gaung Persada Press.

Kunandar. 2011. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta : PT Rajagrafindo Persada.

Lamijan, dkk.2007. Refleksi pendidikan masa kini. Surabaya: Fakultas ilmu

pendidikan universitas negeri surabaya.

Misrianti, Feybian. 2015 . Wawancara Klinis Berbantuan Alat Peraga Untuk Mengatasi Kesulitan Siswa Dalam Materi Perbandingan Trigonometri Di SMA. Jurnal Penelitian Pendidikan (JPP) Volume III, No.4, April 2015 hlm 1-11.

Sudarno.2013. Tsubasa Meter. https://www.sekolahdasar.net/media-pembelajaran:tsubasa-meter/ diakses tanggal 10 November 2015

Sudjana, Nana. 2010. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algensindo.

Ulfa, Nanik. 2013. Penggunaan Media Bangun Geometri untuk Menanamkan Konsep Penjumlahan Pecahan. Jurnal Pendidikan Sains (JPS) Volume I, No.3, September 2013 hlm 249-257.

Undang – Undang Nomor 20 Tahun 2003.

Downloads

Published

2017-02-01

Issue

Section

Education and Social Science