Penerapan Alat Peraga Keping Berwarna untuk Meningkatkan Hasil Belajar Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat

Authors

  • Heri Susianto Guru SDN Watukenongo 2 Kec. Pungging Kab. Mojokerto

DOI:

https://doi.org/10.28926/briliant.v2i1.20

Keywords:

Keeping berwarna, hasil belajar, penumlahan dan pengurangan, bilangan bulat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan ada tidaknya pengaruh penerapan alat peraga keping berwarna terhadap peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar matematika materi operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat siswa kelas V SDN Watukenongo 2. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas sebanyak 2 siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SDN Watukenongo 2 sebanyak 30 siswa. Instrument penelitian menggunakan lembar observasi dan lembar tes. Hasil analisis data menunjukkan bahwa dengan menerapkan media keping berwarna ternyata dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hasil belajar yang diperoleh siswa secara klasikal mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu sebesar 35% dari 60% menjadi 90% dengan nilai rata-rata 65 pada siklus I meningkat menjadi 85 pada siklus II.

References

Arikunto, Suharsimi. 2009. Manajemen Penelitian. Rineka Cipta : Jakarta

Kusumah, Wijaya dan Dwitagama, Dedi. 2011. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. PT Indeks : Jakarta

Sudjana, Nana. 2010. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru Algesindo : Bandung

Sudjana, Nana dan Ibrahim. 2010. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Sinar Baru Algesindo : Bandung

Sukardi. 2011. Metodologi Penelitian Pendidikan. PT Bumi Aksara : Jakarta

Downloads

Published

2017-02-01

Issue

Section

Education and Social Science