Penerapan Alat Peraga Keping Berwarna untuk Meningkatkan Hasil Belajar Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat

Heri Susianto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan ada tidaknya pengaruh penerapan alat peraga keping berwarna terhadap peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar matematika materi operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat siswa kelas V SDN Watukenongo 2. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas sebanyak 2 siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SDN Watukenongo 2 sebanyak 30 siswa. Instrument penelitian menggunakan lembar observasi dan lembar tes. Hasil analisis data menunjukkan bahwa dengan menerapkan media keping berwarna ternyata dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hasil belajar yang diperoleh siswa secara klasikal mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu sebesar 35% dari 60% menjadi 90% dengan nilai rata-rata 65 pada siklus I meningkat menjadi 85 pada siklus II.

Keywords


Keeping berwarna, hasil belajar, penumlahan dan pengurangan, bilangan bulat

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2009. Manajemen Penelitian. Rineka Cipta : Jakarta

Kusumah, Wijaya dan Dwitagama, Dedi. 2011. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. PT Indeks : Jakarta

Sudjana, Nana. 2010. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru Algesindo : Bandung

Sudjana, Nana dan Ibrahim. 2010. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Sinar Baru Algesindo : Bandung

Sukardi. 2011. Metodologi Penelitian Pendidikan. PT Bumi Aksara : Jakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v2i1.20

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual

E-ISSN: 2541-4224, P-ISSN: 2541-4216

 

Published by:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Universitas Nahdlatul Ulama Blitar