Penerapan Model Kooperatif STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Pecahan

Akhmad Bisri Arifin

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilakukan selama 2 siklus dengan subyek siswa kelas V sebanyak 29 siswa di SDN Kaligoro Kecamatan Kutorejo Tahun 2016/2017. Berdasarkan hasil penelitian selama dua siklus diperoleh prosentase aktivitas peserta didik dalam model pembelajaran kooperatif tipe STAD meningkat menjadi 86,7 % pada siklus II dan dikategorikan sangat aktif. Hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran kooperatif tipe STAD perolehan nilai rata-rata peserta didik pada siklus II nilai rata-rata peserta didik meningkat menjadi 80,17 dengan prosentase ketuntasan 93,10%.

Keywords


stad, hasil belajar, penjumlahan dan pengurangan, pecahan

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Hudoyo, Herman. 2005. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: Universitas Negeri Malang.

Lindayani, D.A. dan M. Ali Murtadlo. 2011. Manajemen Pembelajaran Inovatif. Surabaya: Iranti Mitra Utama

Riduwan dan Akdon. 2010. Rumus dan Data dalam Analisis Statistika. Bandung: Alfabeta

Sagala, Syaiful. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Bandung : Alfabeta

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003. 2003. Sistem Pendidikan Nasional 2003. Jakarta: Cemerlang.




DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v2i1.19

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Published by:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Universitas Nahdlatul Ulama Blitar