Penerapan Model Kooperatif STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Pecahan

Authors

  • Akhmad Bisri Arifin Kepala SDN Kaligoro Kec. Kutorejo, Kabupaten Mojokerto

DOI:

https://doi.org/10.28926/briliant.v2i1.19

Keywords:

stad, hasil belajar, penjumlahan dan pengurangan, pecahan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilakukan selama 2 siklus dengan subyek siswa kelas V sebanyak 29 siswa di SDN Kaligoro Kecamatan Kutorejo Tahun 2016/2017. Berdasarkan hasil penelitian selama dua siklus diperoleh prosentase aktivitas peserta didik dalam model pembelajaran kooperatif tipe STAD meningkat menjadi 86,7 % pada siklus II dan dikategorikan sangat aktif. Hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran kooperatif tipe STAD perolehan nilai rata-rata peserta didik pada siklus II nilai rata-rata peserta didik meningkat menjadi 80,17 dengan prosentase ketuntasan 93,10%.

References

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Hudoyo, Herman. 2005. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: Universitas Negeri Malang.

Lindayani, D.A. dan M. Ali Murtadlo. 2011. Manajemen Pembelajaran Inovatif. Surabaya: Iranti Mitra Utama

Riduwan dan Akdon. 2010. Rumus dan Data dalam Analisis Statistika. Bandung: Alfabeta

Sagala, Syaiful. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Bandung : Alfabeta

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003. 2003. Sistem Pendidikan Nasional 2003. Jakarta: Cemerlang.

Downloads

Published

2017-02-01

Issue

Section

Education and Social Science