Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Penjasor dalam Menerapkan Metode Demonstrasi pada Latihan Kebugaran Jasmani

Authors

  • Anwar Anwar Kepala SDN Sampangagung I Kutorejo, Mojokerto

DOI:

https://doi.org/10.28926/briliant.v2i1.18

Keywords:

supervisi akademik, kompetensi guru, metode demostrasi, kebugaran jasmani

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (a) mendeskripsikan peningkatan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, (b) mendeskripsikan bagaimana peningkatan hasil belajar latihan dasar kebugaran dalam pendidikan jasmani pada siswa setelah diterapkannya metode domonstrasi, (c) mengetahui motivasi belajar latihan dasar kebugaran dalam pendidikan jasmani setelah diterapkannya metode domonstrasi. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran Sasaran. Subyek penelitian ini adalah guru penjasor dan Siswa Kelas V SD Sampangagung 2. Dari hasil analisis didapat bahwa supervisi Akademik dengan penerapan metode domonstrasi mempunyai pengaruh positif, yaitu dapat meningkatkan kompetensi guru dan hasil belajar siswa.

References

Arikunto, Suharsimi , 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta PT. Rineksa Cipta

Engkos, S.R. 1994. Penjaskes. Jakarta; Erlangga

Husni, Agusta, dkk. 1987. Buku pintar Olahraga . Jakarta; CV Mawar Gempita

Muhajir, 1998, Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Untuk SMU Kelas 2, Jakarta; Erlangga

Mulyaningsih, Farida dkk. 2011. Pendidikan Jasmani Olah Raga dan Kesehatan untuk Sekolah Dasar Kelas I – VI. Jakarta : Pusat Perbukuan.

Slamet, S.R. 1994. Penjaskes 3. Jakarta; Tiga Serangkai

Suharno. 1986, Ilmu Kepelatihan Olah Raga Yogyakarta; IKIP Yogyakarta.

Syarifuddin, Aib. 1997, Penjaskes 1,2,3, Jakarta; PT. Gramedia Widiasmara Indonesia.

Downloads

Published

2017-02-01

Issue

Section

Education and Social Science