Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Penjasor dalam Menerapkan Metode Demonstrasi pada Latihan Kebugaran Jasmani
DOI:
https://doi.org/10.28926/briliant.v2i1.18Keywords:
supervisi akademik, kompetensi guru, metode demostrasi, kebugaran jasmaniAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah (a) mendeskripsikan peningkatan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, (b) mendeskripsikan bagaimana peningkatan hasil belajar latihan dasar kebugaran dalam pendidikan jasmani pada siswa setelah diterapkannya metode domonstrasi, (c) mengetahui motivasi belajar latihan dasar kebugaran dalam pendidikan jasmani setelah diterapkannya metode domonstrasi. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran Sasaran. Subyek penelitian ini adalah guru penjasor dan Siswa Kelas V SD Sampangagung 2. Dari hasil analisis didapat bahwa supervisi Akademik dengan penerapan metode domonstrasi mempunyai pengaruh positif, yaitu dapat meningkatkan kompetensi guru dan hasil belajar siswa.References
Arikunto, Suharsimi , 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta PT. Rineksa Cipta
Engkos, S.R. 1994. Penjaskes. Jakarta; Erlangga
Husni, Agusta, dkk. 1987. Buku pintar Olahraga . Jakarta; CV Mawar Gempita
Muhajir, 1998, Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Untuk SMU Kelas 2, Jakarta; Erlangga
Mulyaningsih, Farida dkk. 2011. Pendidikan Jasmani Olah Raga dan Kesehatan untuk Sekolah Dasar Kelas I – VI. Jakarta : Pusat Perbukuan.
Slamet, S.R. 1994. Penjaskes 3. Jakarta; Tiga Serangkai
Suharno. 1986, Ilmu Kepelatihan Olah Raga Yogyakarta; IKIP Yogyakarta.
Syarifuddin, Aib. 1997, Penjaskes 1,2,3, Jakarta; PT. Gramedia Widiasmara Indonesia.




