Korelasi Social Support dan Self-Efficacy dengan Stres Ibu Rumah Tangga di Masa Pembelajaran Daring

Authors

  • Iin Setiyowati Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Niken Titi Pratitis Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Suroso Suroso Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.28926/briliant.v7i3.993

Keywords:

Self-efficacy, Social support, Stres

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara social support dan self-efficacy dengan stres ibu rumah tangga dalam menghadapi pembelajaran daring di masa pandemi. Subjek penelitian adalah ibu rumah tangga di wilayah Pakal-Surabaya, dengan menggunakan teknik nonprobability sampling dengan pendekatan kuantitatif korelasional. Instrumen pengumpulan data menggunakan model skala Likert berupa tiga skala psikologi, yaitu skala stres, skala social support dan skala self-efficacy. Keseluruhan proses dalam menganalisa semua data menggunakan bantuan software SPSS versi 20.00 for windows. Analisis data dilakukan dengan analisis regresi linier ganda. Hasil penelitian membuktikan bahwa social support berkorelasi negatif dengan stres, self-efficacy berkorelasi negatif dengan stres, secara bersama-sama social support dan self-efficacy berkorelasi dengan stres. Hasil tersebut memberikan gambaran bahwa ketiga hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini terbukti.

Author Biography

Iin Setiyowati, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Fakultas Psychologi

References

Alwisol. (2017). Psikologi Kepribadian. Malang : UMM Press.

Ayuni, N.Q. (2020) Cara Mengatasi Stres bagi Ibu Rumah Tangga Saat Pandemi. Artikel online. Diunduh tanggal 5 Maret 2021, dari https://www.klikdokter.Com/info-sehat/read/3645836/cara-mengatasi-stres-bagi-ibu-rumah-tangga-saat-pandemi

Bandura, A. (1998). Self-Efficacy The exercise Of Control. New York : W.H Freeman and Company.

Baron, R.A & Byrne, D. (2005). Psikologi Sosial Jilid 2 Edisi Kesepuluh. Jakarta : Penerbit Erlangga

Dewi, W.A.F. (2020), Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Jurnal Imu Pendidikan, 2(1), 55-61.

Fadila, R.U. (2020). Hasil Survei Psikologi Unpad, Stres Paling Sering Dialami Kaum Ibu Selama Pandemi Covid-19. Artikel online. Di unduh tanggal 5 Maret 2021, dari https://www.pikiran-rakyat.com/pendidikan/pr-01963762/hasil-survei-psikologi-unpad-stres-paling-sering-dialami-kaum-ibu-selama-pandemi-covid-1

Hasanah, dkk. (2020). Analisis Aktivitas Belajar Daring Mahasiswa Pada Pandemi COVID-19. Jurnal Pendidikan, 1(1).

King, L. A. (2017). Psikologi Umum Sebuah Pandangan Apresiatif Buku 2. Jakarta : Salemba Humanika.

Levy, D.A & Shiraev, E.B. (2016). Psikologi Lintas Kultural Pemikiran Kritis dan Terapan Modern Edisi Keempat. Jakarta : Prenadamedia Group

Maramis W.F & Maramis, A.A. (2012). Catatan Ilmu Kedokteran Jiwa Edisi Kedua. Surabaya : Airlangga University Press.

Muhid, A (2019). Analisis Statistik Edisi kedua 5 Langkah Praktis Analisis Statistik dengan SPSS for Windows. Sidoarjo : Zifatama Jawara.

Muslim, M. (2020). Manajemen Stress Pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Manajemen Bisnis, 23(2).

Mutiara, R. PM. (2020) Berdamai dengan PJJ Bagi Orang tua dan Siswa. Artikel online diunduh tanggal 5 Maret 2021, dari https://arbaswedan.id/berdamai-dengan-pjj-bagi-orang-tua-dan-siswa/

Nevid S.J dkk. (2005). Psikologi Abnormal edisi kelima Jillid I. Jakarta : Penerbit Erlangga.

Palupi, T.N. (2021). Tingkat Stres Ibu Dalam Mendampingi Siswa-Siswi Sekolah Dasar Selama Belajar Di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19, JP3SDM, 10(1).

Pratitis, N.T. (2020). Wajah Pendidikan Nasional Indonesia Di Era Milenial. In Aryani, D. dkk. (2020). Sekolah Masa Depan. Sidoarjo : Embrio Publisher.

Prestiana, I.D.N, & Purbandini, D. (2012). Hubungan antara Efikasi Diri (Self-Efficacy) dan Stres Kerja dengan Kejenuhan Kerja (Burnout) pada Perawat IGD dan ICU RSUD Kota Bekasi. Journal Soul, 5(1), 1-14.

Puspitasari, D.A. (2014). Hubungan Tingkat Self Efficacy Guru Dengan Tingkat Burnout Paqda Guru Sekolah Inklusif Di Surabaya. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan, 3(1), 59-68.

Putri, K.A.K & Sudhana, H. (2013). Perbedaan Tingkat Stres Pada Ibu Rumah Tangga. Jurnal Psikologi Udayana, 1(1), 94-105.

Santrock W.J. (2007). Psikologi Pendidikan Edisi Kedua. Jakarta : Prenada Media Group.

Santrock W.J. (2012). Life-Span Development Perkembangan Masa-Hidup edisi ketigabelas jilid kedua. Jakarta : Penerbit Erlangga.

Sari, S.M. (2016). Hubungan Antara Social Support Dan Self-Efficacy Dengan Stress Pada Ibu Rumah Tangga Yang Berpendidikan Tinggi. Jurnal Ilmiah Psikologi, 3(2), 171-178.

Smet, B. (1994). Psikologi Kesehatan. Jakarta : Grasindo.

Sundberg, Winebarger, Taplin. (2007). Psikologi Klinis Perkembangan Teori, Praktik, dan Penelitian edisi keempat. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Susilawati, L.K.P.A. & Putra, P.S.P (2018). Hubungan Antara Dukungan Sosial Dan Self Efficacy Dengan Tingkat Stres Pada Perawat Di Rumah Sakit Umum Pusat Sanglah. Jurnal Psikologi Udayana, 5(1).

Susilowati, D.W. (2021) Dampak Psikologis Akibat Covid -19 Pada Masyarakat Indonesia. Wacana, 13(1), pp 104-111.

Surat Edaran Mendikbud No 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19). (2020, Maret 24). Diakses pada tanggal 5 Maret 2021 dari web KEMDIKBUD: https://pusdiklat.kemdikbud.go.id/surat-edaran-mendikbud-no-4-tahun-2020-tentang-pelaksanaan-kebijakan-pendidikan-dalam-masa-darurat-penyebaran-corona-virus-disease-covid-1-9/

Published

2022-08-20

Issue

Section

Education and Social Science