Jurnal Belajar Sebagai Refleksi Siswa Sekaligus Evaluasi Guru Selama Proses Pembelajaran
DOI:
https://doi.org/10.28926/briliant.v7i1.914Keywords:
jurnal belajar, refleksi, mata pelajaran biologi, SMAAbstract
Persoalan selama pembelajaran kerap kali terjadi. Sebagaimana yang terjadi saat pembelajaran di SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta, siswa kurang antusisas dan kurang bergairah. Peneliti bermaksud untuk mengatasi solusi persoalan tersebut melalui implementasi jurnal belajar. Jurnal belajar merupakan strategi pendidik untuk memantau perkembangan belajar siswa. Jenis penelitian ini deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa angket. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi jurnal belajar siswa dapat memberikan solusi atas persoalan-persoalan siswa dalam pembelajaran, tingkat kesulitan materi, pelaksanaan pembelajaran yang kurang menggugah minat, serta sebagai bentuk refleksi siswa dalam mencari solusi atas masalah belajarnya. Bagi pendidik, jurnal belajar dirasa dapat menjadi bahan pijakan untuk mengevaluasi pembelajaran yang telah dilakukan dan sebagai pijakan untuk menyusun strategi dalam pembelajaran berikutnya.References
Al-Rawahi, N. M., & Al-Balushi, S. M. (2015). The effect of reflective science journal writing on students’ self-regulated learning strategies. International Journal of Environmental and Science Education, 10(3), 367–379. https://doi.org/10.12973/ijese.2015.250a
Andriyani, F. D. (2017). Kontribusi penggunaan jurnal belajar pada pembelajaran matakuliah permainan bolabasket. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 36(1), 140–147. https://doi.org/10.21831/cp.v36i1.11976
Estrada, F. F., Mariam, H., & Rahman, A. (2014). Reflective journal writing as an approach to enhancing students’ learning experience. Brunei Darussalam Journal of Technology and Commerce, 8(1), 22–35.
Farrah, M. (2012). Reflective journal writing as an effective technique in the writing process. J. Res. (Humanities), 26(4), 997–1025. https://journals.najah.edu/media/journals/full_texts/reflective-journal-writing-effective-technique-writing-process.pdf
Hashemi, Z., & Mirzaei, T. (2015). Conversations of the mind: The impact of journal writing on enhancing EFL medical students’ reflections, attitudes, and sense of self. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 199, 103–110. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.07.493
Munawaroh, L., Pantiwati, Y., & Rofieq, A. (2015). Penggunaan jurnal belajar dalam pembelajaran class wide peer tutoring terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 1(3), 263–273. https://doi.org/10.14800/ics.95
Nabhan, S. (2016). Students’ journal writing: Promoting reflective learning on students’ perception and comprehension towards students’ self-awareness and critical thinking development in english as foreign language classroom. Proceeding of the 7th International Conference on Educational Technology of Adi Buana (ICETA-7), March, 449–456.
Setiawan, D., & Susilo, H. (2015). Peningkatan keterampilan metakognitif mahasiswa program studi biologi melalui penerapan jurnal belajar dengan strategi jigsaw dipadu pbl berbasis lesson study pada mata kuliah biologi umum. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi.
Wati, A., Susilo, H., & Sutopo. (2018). Pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan jurnal belajar terhadap penguasaan konsep IPA siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(1), 129–133. https://doi.org/10.17977/jptpp.v3i1.10411
Wati, A., Sutopo, & Susilo, H. (2016). Implementasi jurnal belajar dalam pembelajaran sains. Prosiding Semnas Pendidikan IPA Pascasarjana UM, 856–864.
Yeyendra. (2017). Pengaruh penggunaan jurnal belajar dengan model problem based learning terhadap kemampuan metakognitif dan motivasi siswa kelas x SMAN pada materi pencemaran lingkungan. Universitas Negeri Yogyakarta.
Yulianingtyas, E., Budiasih, E., & Marfuah, S. (2017). Pengaruh penggunaan jurnal belajar dalam model pembelajaran learning cycle 6E terhadap kesadaran metakognitif siswa sman 8 Malang pada materi redoks. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(5), 724–730. https://doi.org/10.17977/jptpp.v2i5.9203
Yuningsih, & Susilo, M. J. (2018). Kajian pendekatan analogi dalam pembelajaran biologi yang bermakna. BRILIANT: Jurnal Riset Dan Konseptual, 3(3), 268–279. https://doi.org/10.28926/briliant .v3i3.188