Problematika Implementasi Kurikulum 2013 di Era Pandemi Covid-19 pada Jenjang Pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA)

Authors

  • Widiarini Widiarini
  • Arisa Darwis Universitas Madako Tolitoli
  • Mustiningsih Mustiningsih Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.28926/briliant.v7i3.897

Keywords:

Probelatika, kurikulum 2013, pandemi covid-19, SMA

Abstract

Kebijakan pelaksanaan pembelajaran dalam jaringan (daring) yang telah ditetapkan pemerintah merupakan upaya mencegah penyebaran pandemi COVID-19. Namun, upaya implementasi pembelajaran daring tersebut tidak lepas dari berbagai macam masalah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui berbagai macam masalah baik yang dihadapi guru maupun siswa dalam pembelajaran selama pandemic Covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Data diperolah ddengan observasi, wawancara dan dokumen analisis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi kurtilas yang meliputi pelaksanaan pembelajaran, penilaian dan ketuntasan belajar tidak bisa berjalan sesuai dengan pedoman pada pembelajaran tatap muka. Kendala pembelajaran kurtilas secara daring dialami oleh guru dan peserta didik. Problematika yang dialami oleh guru meliputi penggunaan teknologi pembelajaran dan pelaksanaan penilaian. Sedangkan masalah yang dihadapi oleh peserta didik selama pembelajaran daring adalah berkurangnya interaksi, berkurangnya motivasi dan kurang kondusifnya lingkungan belajar.

References

Amiruddin, dkk. (2021). Analisis Penerapan Kurikulum 2013 Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajran Masa Pandemik Covid-19 di SMAN 3 Kota Bima. Jurnal ilmiah Mandala Education, 7(4), 139-143.

Astuti, I. & Kismini, E. (2021). Pelaksanaan PenilaianAutentik Pada Masa Pandemi Covid-19 Mata Pelajaran Sosiologi Materi Permasalahan Sosial Dalam Masyarakat di SMA Negeri 1 Godong. Solidarity,10(1), 59-66.

Buana, D. R. (2020). Analisis Perilaku Masyarakat Indonesia dalam Menghadapi Pandemi Virus Corona (Covid) dan Kiat Menjaga Kesejahteraan Jiwa. Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i, 217-226.

Daeng Pawero, A. M. V. (2018). Analisis Kritis Kebijakan Kurikulum Antara KBK, KTSP, dan K-13. Jurnal Ilmiah Iqra’, 12(1), 42. https://doi.org/10.30984/jii.v12i1.889.

Elyas, A.H. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran E-Learning Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Warta, 56(1). https://doi.org/10.46576/wdw.v0i56.4

Gunawan, G., Suranti, N. M. Y., & Fathoroni, F. (2020). Variations of Models and Learning Platforms for Prospective Teachers During the COVID-19 Pandemic Period. Indonesian Journal of Teacher Education, 1(2), 61-70.

Hidayah, A.A.F., Al Adawiyah, R., & Mahanani, P.A.R. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Sosial: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 21(3), 53-56.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2014). Implementasi Kurikulum 2013 Konsep dan Penerapan. Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Kurniaman, O., & Noviana, E. (2017). Penerapan Kurikulum 2013 dalam meningkatkan keterampilan, sikap, dan pengetahuan. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(2), 389–396.

Monica, M. A. & Yaswinda. (2021). Analisis Implementasi Kurikulum 2013 dimasa Pandemi Covid-19 di Taman-kanak di Kecamatan Sungai Beremas. Jurnal Ilmiah Potensia, 6(2), 165-171. https://doi.org/10.33369/jip.6.2.

Mulyasa (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nasional, D. P. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas

Permendikbud Nomor 104 tahun 2014 Tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI (2014).

Putri, R.D.P. & Suyadi. (2021). Problematika Pembelajaran Daring dalam Penerapan Kurikulum 2013 Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3912-3919.

Setiawati. 2017. Penggunaan Assesmen Autentik Oleh Guru Sosiologi Di SMA Negeri 1 Boja (Pokok Bahasan Materi Pembentukan Kelompok Sosial). Jurnal Solidarity, 6(2), 135-147.

Wulansari, R.P, dkk. (2021). Implementasi dan Problematika Kurikulum 2013 (K-13) terhadap Proses Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. INNOVATIVE: Journal of Social Science Research, 1(2),489-494.

Zahrawati, F. & Ramadani, A.N. (2021). Problematika Implementasi Kurikulum 2013 terhadap Proses Pembelajran pada Masa Pandemik Covid-19. Bidayatuna: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 75-88.

Published

2022-08-20

Issue

Section

Education and Social Science