Pengembangan Media Pembelajaran Gurita Kata Berbasis Karakter Pada Materi Menulis Puisi Kelas IV Sekolah Dasar

Authors

  • Heri Setiawan PGSD FKIP UNIVERSITAS MATARAM http://orcid.org/0000-0002-2456-4797
  • Her Hadi Saputra Universitas Mataram
  • Mansur Hakim Universitas Mataram
  • Ida Ermiana Universitas Mataram
  • Umar Umar Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.28926/briliant.v7i1.893

Keywords:

media pembelajaran, gurita kata, karakter, menulis puisi

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan Gurita Kata berbasis karakter pada materi menulis puisi di kelas IV SD. Selain menguatkan materi menulis puisi juga disisipkan nilai-nilai karakter agar hasil belajar yang diperoleh siswa lengkap dan utuh. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian pengembangan. Desian penelitian yang digunakan yaitu desain pengembangan model ADDIE. Subjek penelitian  yaitu 2 dosen ahli media, 1 dosen ahli materi, 1 orang guru kelas IV, dan 9 siswa kelas IV SD. Instrumen penelitian terdiri atas angket ahli media, materi, serta angket kelayakan pengguna. Data yang dikumpulkan yaitu nilai kelayakaan dari ahli dan pengguna serta saran sebagai masukan media Gurita Kata yang dikembangkan. Hasil uji kelayakan dua ahli media pembelajaran, satu ahli materi kebahasaan SD serta seorang praktisi menunjukkan bahwa media Gurita Kata yang dikembangkan layak dari segi ahli media, materi, dan praktisi. Selain uji kelayakan kepada ahli, media Gurita Kata juga diujicobakan kepada sembilan siswa kelas IV dari SDN 3 Cakranegara. Respons siswa menunjukkan media yang dikembangkan sangat layak dari segi tampilan maupun isi materi. Berdasarkan analisis yang dilakukan diperoleh simpulan bahwa media gurita untuk siswa kelas IV sekolah dasar sangat layak digunakan dalam membelajarkan menulis puisi untuk siswa kelas IV SD.

References

Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Arsyad, Azhar. (2016). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persad.

Branch, R. M. (2009). Instructional Design:The ADDIE Approach. New York : Springer Science + Business Media.

Dalmeri, M. (2014). Pendidikan Untuk Pengembangan Karakter (Telaah terhadap Gagasan Thomas Lickona dalam Educating for Character). Al-Ulum, 14 (1). (online), (https://www.researchgate.net/profile/Dalmeri_Mawardi2/publication/290920065/inline/jsViewer/569c9c5408ae6169e5630e35?inViewer=1&pdfJsDownload=1&origin=publication_detail&previewAsPdf=false).

Daryanto. (2015). Media Pembelajaran. Bandung: Sarana Tutorial Nurani.

Dick, W and Carrey, L. (2015). The Systematic Design Instruction. 8th edition. Pearson.

Faisal, Muh., dkk. (2009). Kajian Bahasa Indonesia SD. Jakarta : Dirjen Dikti Kemendiknas.

Handayani, B., Widjojoko., & Robiansyah, F. (2019). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menulis Puisi Serta Implikasinya dalam Pengajaran Bahasa Di Kelas IVA SD Negeri Banjarsari 5 Tahun Ajaran 2018/2019. Kalimaya. 7 (2). p.1 – 10.

Heinich, R., et. al. (2002). Instructional Media and Technologies for Learning. New. Jersey: Prentice Hall, Englewood Cliffs.

Fitriana, I. N., Tahir, M., & Setiawan, H. (2021). Pengembangan Media Interaktif Berbasis Macromedia Flash Sebagai Bentuk Penguatan Keterampilan Membaca Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(3), 476-481.

Jannah, R., Tahir, M., & Setiawan, H. (2021). Pengembangan Media Buku Bergambar Materi Menulis Puisi Kelas IV SDN Jango Tahun Pelajaran 2020/2021. JURNAL CAHAYA MANDALIKA (JCM) e-ISSN 2721-4796, 2(1 Maret), 14-25.

Khamidah, N. (2017). Penggunaan Media Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas V Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar. 1 (2b).

Kemenristekkdikti. 2018. Modul 5: Apresiasi Sastra Anak. Jakarta: Pendidikan Profesi Guru (PPG) Direktorat Jenderal Pembelajaran Dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti.

Nurgiantoro, B. (2013). Sastra Anak, Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta: UGM Press.

Nurgiantoro, B. (2016). Penialain Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi, ed. 2. Yogyakarta: BPFE – UGM Yogyakarta.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat. 03 (01), p.171-187.

Permana, D & Indihadi, D. (2018). Penggunaan Media Gambar terhadap Pembelajaran Menulis Puisi Peserta Didik. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 5 (1), p. 193-205.

Purnama, S. (2010). Elemen Warna Dalam Pengembangan Multimedia Pembelajaran Agama Islam .AI-Bidayah. 2 (1). p.113-129.

Pujiriyanto. (2005) Desain Grafts Komputer; Teori Grafts Komputer. Yogyakarta: Andi Offset.

PERMENDIKBUD No. 37 Tahun 2018 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran Pada Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Cepi R. et al. (2010). Komputer dan Media Pendidikan di Sekolah Dasar. Jakarta: Dirjen pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaa.

Sadiman, A. S., Rahardjo, R., Haryono, A., & Rahardjito. (2018). Media Pendidikan : Pengertian, pengembangan, dan pemanfaatannya. Jakarta: RajaGrafindo Persada press.

Sanaky, A. H. (2009). Media Pembelajaran, Yogyakarta: Safiria Insania Press.

Santoso, A., dkk. (2015). Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Yangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Santrock, J. W. (2013). Life-Span Development: Perkembangan Masa-Hidup (Jilid 2) (Edisi 13). Jakarta : Erlangga.

Setiawan, H., Aji, S.M.W., & Aziz, A. (2019). Puisi Berbasis Karya Gambar: Upaya Penguatan Literasi Siswa SD Kelas Tinggi. Inteligensi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), p. 50-60, Retrieved from https://jurnal.unitri.ac.id/ index.php/ inteligensi/article/view/1559.

Setyosari, Punaji. (2015). Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana Media Group.

Sudjana, N. & Rivai, A. (2013). Media Pengajaran. Jakarta: Sinar Baru Algensindo Offset.

Sudrajat, A. (2011). Mengapa Pendidikan Karakter?. Jurnal Pendidikan Karakter, I (1).(online), (https://journal.uny.ac.id/index.php/jpka/article/viewFile/1316/1094).

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Taufina. (2017). Sumber Belajar Penunjang PLPG 2017 Kompetensi Profesional Mata Pelajaran : Guru Kelas SD Unit I : Bahasa Indonesia. Jakarta: Direktorat Jenderal Guru Dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud.

Utami, F., Witono, H. H., & Setiawan, H. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Powerpoint Tema 4 (Berbagai Pekerjaan) Kelas IV Sekolah Dasar. Journal of Science Instruction and Technology, 1(1).

Wahyudi F. A., dan Doyin, M. (2015). Pengembangan Buku Pop Up Tiga Dimensi Sebagai Media Pembelajaran Menulis Puisi. Lingua: Jurnal Bahasa dan Sastra. 11 (2).

Yuwanto, L. (2012). Memanfaatkan Berbagai Media Untuk Pendidikan Karakter. (online), (https://ubaya.ac.id/2014/content/articles_detail/44/Utilizing-Various-Media-for-Character-Education.html), diakses tanggal 10 November 2021.

Zulela. (2013). Pembelajaran Bahasa Indonesia, Apresiasi Sastra di Sekolah Dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Published

2022-02-22

Issue

Section

Education and Social Science