Pengembangan Buku Ajar Menulis Teks Eksposisi Bermuatan Nilai Gaya Hidup Sehat dengan Strategi RAFT

Authors

  • Malinda Fatmawati Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
  • Redhitya Wempi Ansori Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

DOI:

https://doi.org/10.28926/briliant.v7i1.803

Keywords:

Bahan ajar, Eksposisi, Hidup Sehat, Strategi RAFT

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengembangkan bahan ajar menulis teks eksposisi bermuatan nilai gaya hidup sehat dengan strategi RAFT untuk siswa kelas VIII dan menguji efektivitas produk bahan ajar menulis teks eksposisi bermuatan nilai gaya hidup sehat dengan strategi RAFT untuk siswa kelas VIII. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model 4D. Hasil uji validasi yang dilakukan oleh ahli dan praktisi menyatakan bahwa bahan ajar menulis teks eksposisi bermuatan nilai gaya hidup sehat dengan strategi RAFT untuk siswa kelas VIII layak diimplementasikan. Hasil dari uji efektivitas menyatakan bahwa data yang diperoleh dari uji lapangan berdistribusi normal. Jadi, dapat dinyatakan bahwa bahan ajar efektif digunakan

Author Biographies

Malinda Fatmawati, Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Dosen

Redhitya Wempi Ansori, Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Dosen

References

Alwasilah, A.C. & Senny, S.A. 2015. Pokoknya Menulis. Bandung: PT Kiblat Buku Utama.

Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Depkes. 2016. Indikator Kesehatan, (Online), (www.depkes.go.id), diakses 1 Oktober 2020.

Harmer, J. 2018. How to Teach Writing. London: Longman’

Harris, J. 2014. Physical Education Teacher Education Students’ Knowledge, Perceptions and Experiences of Promoting Healthy, Active Lifestyles in Secondary Schools. Physical and Healthy Education, 19 (5): 466-480.

Karyati, Z. (2016). Antara EYD dan PUEBI: Suatu Analisis Komparatif. Jurnal SAP, 1(2), 75–185.

Kementerian Kesehatan. 2015. Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2015. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Keraf, Gorys. 2010. Eksposisi dan Deskripsi. Jakarta: Nusa Indah.

Majid, A. 2010. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

McDermott, R. J. dan Mayer, A. B. 2011. Personality and Health Habits. American Journal of Health Education, 4 (4): 333-342

Muslich, M. 2010. Text Book Writing. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Nasucha, Y, Rohmadi, M, dan Wahyudi, A.B. 2010. Bahasa Indonesia untuk Penulisan Karya Ilmiah. Surakarta: Pustaka Briliant.

Notoadmodjo. 2010. Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Peterson, T. E. 2008. The Art of Language Teaching as Interdisciplinary Paradigm. Journal of Educational Philosophy and Theory, 40 (7): 900-918.

Rieffestahl, A. M. 2014. Super-Healthy Families. International Journal of Multidisciplinary Research, 17 (4): 615-627.

Ruddel, M. 2005. Teaching Content: Reading and Writing. USA.

Sitepu, B. (2014). Pengembangan Sumber Belajar. Jakarta: Rajawali Press

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitati dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suparno dan Yunus, M. 2016. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.

Swasti, Ni Mde. 2018. Penerapan Strategi Pembelajaran RAFT (Role-Audience-Format-Topic) untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Recount Siswa Kelas X TKJ 2 Semester 2 di SMK Negeri 1 Abang. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2), 108-117.

Tomlinson, B. 1998. Developing Materials for Language Teaching. London: Cromwell Press.

Tompkins, G. E. 2011. Literacy in the Early Grades (Third Edition). Boston: Pearson Education.

Verhoeven, L. dan Hell, J. G. V. 2008. From Knowledge Representation to Writing Text: A Developmental Perspective. Discourse Processes Journal, 45 (4): 387-405.

Published

2022-02-26

Issue

Section

Education and Social Science