Analisa Pengaruh Beban Terhadap Efisiensi Konsumsi Lithium batteries pada Sepeda Elektrik

Authors

  • Mashudi Mashudi Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

DOI:

https://doi.org/10.28926/briliant.v7i1.797

Keywords:

Motor-DC, Controller, Lithium-batteries

Abstract

Sepeda elektrik sebagai bentuk baru transportasi pribadi telah mengarah pada tren mode transportasi umum baru, khususnya di perkotaan, sangat tepat digunakan untuk negara-negara dengan populasi besar dan untuk negara-negara yang peduli lingkungan. Tujuan dari penelitian ini adalah melakukan rancang bangun sepeda elektrik dan menganalisa pengaruh pemberian berat beban yang berbeda terhadap efisiensi Lithium-Battery pada sepeda elektrik. Maka akan sangat baik bagi industry dalam negeri jika memiliki banyak referensi tentang industry sepeda elektrik. Kemudian dapat diproduksi dan dipasarkan sendiri di dalam negeri, dengan harga yang relative lebih murah. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental yang terdiri dari 3 tahap penelitian diantaranya pendahuluan (studi pustaka), tahap 2 pembuatan rancang bangun sepeda elektrik dan tahap 3 pengujian pengaruh berat beban pada sepeda elektrik terhadap efisiensi Lithium Batteries. Data yang telah terkumpul selanjutnya ditabulasi dengan menggunakan excel dan dilakukan analisa dengan standart deviasi dan error. Bahan yang digunakan adalah  Sepeda, Motor DC, Controller, Lithium-batteries. Lalu dilakukan proses rancang bangun. Lalu dilakukan cek fungsi pada mekanik sepeda dan system elektrik. Proses pengujian dengan pembebanan (50, 70. 90, 110) kg sejauh 2 km. collecting data dilakukan secara numeric dengan menggunakan sensor kecepatan yang diproses pada controller dan diaktuasi pada motor hub. Untuk mendapatkan data kapasitas baterai yang terpakai digunakan power controller yang terdapat pada modul controller. Kesimpulan dari penelitian ini adalah telah dilakukan rancang bangun sepeda elektrik dan menganalisa pengaruh pemberian berat beban yang berbeda terhadap efisiensi Lithium-Battery pada sepeda elektrik. Terbukti bahwa semakin besar berat pengendara akan menurunkan nilai efisiensi baterai secara linier.

References

E. Salmeron-Manzano and F. Manzano-Agugliaro, “The electric bicycle: Worldwide research trends,†Energies, vol. 11, no. 7, pp. 1–16, 2018, doi: 10.3390/en11071894.

J. X. Weinert, M. Chaktan, X. Yang, and C. R. Cherry, “Electric two-wheelers in China: Effect on travel behavior, mode shift, and user safety perceptions in a medium-sized city,†Transp. Res. Rec., no. 2038, pp. 62–68, 2007, doi: 10.3141/2038-08.

R. Joumard, P. Jost, J. Hickman, and D. Hassel, “Hot passenger car emissions modelling as a function of instantaneous speed and acceleration,†Sci. Total Environ., vol. 169, no. 1–3, pp. 167–174, 1995, doi: 10.1016/0048-9697(95)04645-H.

S. Pareza and R. Lapisa, “Build Design Of Electric Bike As Energy Efficient Transportation Rancang Bangun Sepeda Listrik Sebagai Transportasi Hemat Energi,†pp. 65–72, 2020.

B. M. Toll, “The Ultimate Do-It- Yourself Ebike Guide A step-by-step guide for your first ebike,†2017.

N. Huda and F. Khamami, “Modifikasi Sistem Kendali Sepeda Listrik,†vol. 1, no. 1, pp. 30–35, 2017.

D. Majumdar, A. Majumder, and T. Jash, “Performance of Low Speed Electric Two-wheelers in the Urban Traffic Conditions: A Case Study in Kolkata,†Energy Procedia, vol. 90, no. December 2015, pp. 238–244, 2016, doi: 10.1016/j.egypro.2016.11.190.

S. Katoch, Rahul, and R. K. Bindal, “Design and implementation of smart electric bike eco-friendly,†Int. J. Innov. Technol. Explor. Eng., vol. 8, no. 6 Special Issue 4, pp. 965–967, 2019, doi: 10.35940/ijitee.F1197.0486S419.

O. Maier, M. Krause, S. Krauth, N. Langer, P. Pascher, and J. Wrede, “Potential benefit of regenerative braking on electric bicycles,†IEEE/ASME Int. Conf. Adv. Intell. Mechatronics, AIM, vol. 2016-Septe, pp. 1417–1423, 2016, doi: 10.1109/AIM.2016.7576969.

T. D. Gillespie, “Road Loads,†in Fundamentals of Vehicle Dynamics, 1th ed. Warrendale, United States of America.

D. G. Wilson, “Some bicycle physics†in Bicycle Science, 3th ed. MIT Press, United States of America.

A. B. Trisnaningtyas and I. N. Sutantra, “Pengembangan Model Regenerative Brake pada Sepeda Listrik untuk Menambah Jarak Tempuh dengan Variasi Kecepatan,†J. Tek. Pomits, vol. 1, no. 2, pp. 1–7, 2012, [Online]. Available: http://infoindonesia.wordpress.com/2008/05/29/sepeda-dan-mobil-listrik-.

Published

2022-02-28

Issue

Section

Engineering and Technology