Problematika Kompetensi Pedagogik Guru SD pada Pembelajaran Daring
DOI:
https://doi.org/10.28926/briliant.v7i1.730Keywords:
Problematika, Kompetensi Pedagogik, Guru SD, Pembelajaran daringAbstract
Pembelajaran daring yang dilaksanakan sejak Maret 2020, dikelola oleh guru menggunakan kemampuan pedagogik. Pengelolaan pembelajaran daring menggunakan kompetensi tersebut mengalami banyak kendala. Berdasarkan uraian tersebut, artikel ini bertujuan untuk menguraikan problematika kompetensi pedagogik guru dalam melaksanakan pembelajaran daring. Subjek penelitian ini adalah guru kelas tinggi dan rendah SDN Karangtengah 4, SDN Gedog 3, SDN Kepanjenkidul 2, SDN Sentul 3, SDN Pakunden 1, dan SDN Sukorejo 1. Data penelitian ini dikumpulkan menggunakan teknik wawancara, angket, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru kesulitan menerapkan kompetensi pedagogik secara maksimal dalam melaksanakan pembelajaran daring.References
Ahmad, S., & Hodsay, Z. 2020. Profesi Kependidikan dan Keguruan. Yogyakarta: Deepublish.
Aisyah, S. 2015. Perkembangan Peserta Didik & Bimbingan Belajar. Yogyakarta: Deepublish.
Asmuni, A. 2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy, 7(4), 281–288.
Budiaji, W. 2013. Skala pengukuran dan jumlah respon skala likert. Jurnal Ilmu Pertanian Dan Perikanan, 2(2), 127–133.
Efendi Pohan, A. 2020. Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah. Grobogan: CV. Sarnu Untung.
Firman, F. 2018. Analisis Data dalam Penelitian Kualitatif.
Gunawan, I. 2013. Metode penelitian kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara.
Gusty, S., dkk. 2020. Belajar Mandiri: Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi Covid-19 (Konsep, Strategi, Dampak dan Tantangan). Jakarta: Yayasan Kita Menulis.
Indrawan, I., dkk. 2020. Guru Profesional . Klaten: Penerbit Lakeisha.
Ismail, I. 2020. Teknologi Pembelajaran Sebagai Media Pembelajaran. Makassar: Cendekia Publisher.
Majir, A. 2017. Dasar Pengembangan Kurikulum. Yogyakarta: Deepublish.
Musfah, J. 2012. Peningkatan Kompetensi Guru melalui Pelatihan & Sumber Belajar: Teori dan Praktik. Jakarta: Kencana.
Nugrahani, F. 2014. Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Solo: Cakra Books.
Rukajat, A. 2018. Teknik Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.
Sanjaya, W. 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana.
Sanjaya, W. 2015. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan RD. Bandung: Alfabeta.
Suteja, J. 2019. Etika Profesi Keguruan. Yogyakarta: Deepublish.
Sutirna, H. 2018. Inovasi dan Teknologi Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.
Yuliani, M., dkk. 2020. Pembelajaran Daring untuk Pendidikan: Teori & Penerapan Jakarta: Yayasan Kita Menulis.