Moda Daring pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Asinkronus LKPD di SMP Negeri 03 Batu masa Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.28926/briliant.v6i4.729Keywords:
Pembelajaran Daring, Covid-19Abstract
Sejak tanggal 3 Februari 2020, saat presiden Djoko Widodo mengumumkan tentang adanya kasus pertama warga yang terinfeksi virus Covid-19. Tujuan dari penelitian ini dilakukan guna memperoleh informasi yang valid mengenai efektivitas pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Moda Daring Asinkronus berbasis LKPD di kelas VII-A SMP Negeri 03 Batu pada Masa Pandemi Covid-19. Selain itu, penelitian ini dilakukan guna mendapatkan informasi sebagai masukan yang dapat dimanfaatkan dalam pengelolaan pelaksanaan pembelajaran dengan Moda Daring Asinkronus berbasis LKPD terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia terutama di tingkat SMP. Dengan menggunakan metode rancangan penelitian deskriptifkualitatif, yang menghasilkan kurikulum yang dikembangkan dan diimplementasikan untuk menyikapi pandemi Covid-19. Kurikulum sekolah ini memuat regulasi tentang pedoman kegiatan pembelajaran di sekolah, di antaranya tidak diperbolehkannya melakukan aktivitas pembelajaran secara langsung (tatap muka) di sekolah, peraturan physical distancing yang mengharuskan peserta didik belajar dari rumah sampai dengan daerah tersebut berada di zona hijau.
References
Amich A., dkk. 2020. Tuswadi. Serial Diskusi Ruang Lingkup Kajian Penelitian Pandemi COVID-19 Klaster 2: “Peninjauan Penerapan Kurikulum pada Satuan Pendidikan dalam Kondisi Khususâ€. Diskusi daring Knowledge Sector Initiative (KSI) 30 September 2020, (https://www.ksi-indonesia.org/id/wawasan/detail/2198-kurikulum-darurat-menjamin-fleksibilitas-sekolah). Diakses tanggal 17 April 2021.
Daroe I., dkk. 2021. Efektivitas Pembelajaran Bahasa Indonesia Daring Di Masa Pandemi Covid-19 Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Siswa SMP. Jurnal Diglosia: Jurnal Pendidikan, kebahasaan, dan kesusastraan Indonesia, (Online), Vol. 5, No. 1, Februari 2021.
Nurbiana D., dkk. 2021. Metode Pengembangan Bahasa: Modul 1(Online) (https://core.ac.uk/download/pdf/198234596.pdf) Diakses tanggal 21 April 2021.
Hapsari, T.P.R.N. & Fitria, A.S. 2020. Efektivitas Pembelajaran Daring Mata Kuliah Evaluasi Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah SEMANTIKA, (Online), Vol. 2, No. 1, (http://jurnal.umus.ac.id/ index.php/semantika/article/view/259/semantika, diunduh 5 Maret 2021).
Iswatiningsih, D., dkk. 2021. Efektivitas Pembelajaran Bahasa Indonesia Daring di Masa Pandemi Covid-19 dalam Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Siswa SMP. Diglosia: Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, dan Kesusastraan Indonesia, (Online), Vol. 5, No. 1, (http://www.jurnal.unma.ac.id/index.php/dl/article/ view/2853/2161) Diunduh 5 Maret 2021.
Kemendikbud. 2020. Kemendikbud Terbitkan Kurikulum Darurat pada Satuan Pendidikan dalam Kondisi Khusus. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/08/kemendikbud-terbitkan-kurikulum-darurat-pada-satuan-pendidikan-dalam-kondisi-khusus, diakses tanggal 17 April 2021).
Khusniyah, N., & Hakim, L. 2019. Efektivitas Pembelajaran Berbasis Daring: Sebuah Bukti pada Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Tatsqif, (Online), Vol. 17, No. 1, (https://doi.org/10.20414/jtq.v17i1.667) Diunduh 5 Maret 2021.
Kompas. 3 Maret 2020. “Fakta Lengkap Kasus Pertama Virus Korona†(Online)( https://nasional.kompas.com/read/2020/03/03/06314981/fakta-lengkap-kasus-pertama-virus-corona-di-indonesia?page=all) Diakses tanggal 26 Februari 2021.
Kurniasari, A., dkk. 2020. Analisis Efektivitas Pelaksanaan Belajar dari Rumah (BDR) Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, (Online), Vol. 6, No. 3, (http://journal.unesa.ac.id/index.php/PD) Diunduh 5 Maret 2021.
Laila K., 2014. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik. Makalah (Online) Yogyakarta: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/pengabdian/laila-katriani-ssi-msi/pengembangan-lembar-kerja-peserta-didik-lkpd-ppm-dipa-fakultas-20141.pdf) Diakses tanggal 17 April 2021.
Lina A., 2019. “Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Unsur, Senyawa, Dan Campuran Dengan Pendekatan Stem-Student Worksheet Of Elements, Compounds, And Mixes With The Stem Approachâ€. Jurnal Zarah(Online), Vol. 7 No. 2. (: https://ojs.umrah.ac.id/index.php/zarah/article/download/1430/784) Diunduh 24 April 2021.
Longman Dictionary of Contemporary English tahun 2003 halaman 595.
Mahmudatul H., 2020. Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Prestasi Belajar Ips Pada Siswa Kelas Iv Di Sd Tahfidz Ar-Risalah Kec. Bandungan Tahun Pelajaran 2019/202. Skripsi (Online). Salatiga: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Salatiga. diakses pada 24 April 2021. url: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/9940/1/Mahmudatul%20Khasanah%2823040160201%29%20PGMI.pdf
Meda Y., Janner S., Siti Saodah S., Eni M., dkk 2020. Pembelajaran Daring untuk Pendidikan: Teori dan Penerapan. Medan:Yayasan Kita Menulis.
Pusat Analisis Determinan Kesehatan-Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. 2020. Hindari Lansia dari Covid. (http://www.padk.kemkes.go.id/article/read/2020/04/23/21/hindari-lansia-dari-covid-19.html) Diakses tanggal 26 Februari 2021.
Raden A. & Jeni A. 2020. Penerapan Pembelajaran dengan Moda Dalam Jaringan (Online) di Sekolah Dasar dan Menengah Pertama Provinsi Banten. Artikel Pendidikan LPMP Banten Kemdikbud (Online). (https://drive.google.com/file/d/1c5Ih7nPzTomnhwalB1V5eydqofjNpkej/view) diunduh 17 April 2021.
Riki, A. 2020. Pembelajaran Daring untuk Pendidikan: Teori dan Praktik. Jakarta: Yayasan Kita Menulis. E-book. (Online), (https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=iuz4DwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA34&dq=teori+hakikat+pembelajaran&ots=y-fyN5oM3l&sig=CuAgeQptON_9P3Wfoad6Cj8y5eU&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false, diunduh 18 Juni 2021).
Rini I., 2020. “Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Pendekatan Saintifik Mata Pelajaran Humas dan Keprotokolan Semester Gasal Kelas XI OTKP di SMK YPM 3 Tamanâ€. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (Online).Vol.8, No.3. (https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpap/article/download/8809/4092) Diakes 24 April 2021.
Santoso. 2020. Aku Ingin Berdiri di Depanmu, Duduk di Sampingmu, dan Berjalan di Belakangmu. Buletin Juara Edisi 1.
Poerwadarminta, W.J.S. 2017. Kamus Umum Bahasa Indonesia Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.
Yolandasari, M.B. 2020. Efektivitas Pembelajaran Daring dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas II-A MI Unggulan Miftahul Huda Tumang Cepogo Boyolali Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi, (Online), Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri, Salatiga, (http://e-repository.perpus.iainsalatiga. ac.id/9550/1/Burn%20VCD%20Skripsi%20Mega.pdf) Diunduh 5 Maret 2021.




