Studi Komparasi Penggunaan Google Meet dan Whatsapp Group terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Hangtuah 4 Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.28926/briliant.v6i4.719Keywords:
Google Meet, Whatsapp Group, Hasil belajar matematika, efektivitasAbstract
Proses pembelajaran jarak jauh di tengah pandemi Covid-19 memerlukan sistem pembelajaran yang efektif. Berbagai media sosial berbasis online dapat digunakan untuk pembelajaran jarak jauh, di antaranya  adalah Google Meet dan Whatsapp Group. Penelitian ini bertujuan membandingkan efektifitas penggunaan media Google Meet dan Whatsapp Group ditinjau dari hasil belajar matematika siswa kelas X IPA-1 SMA Hangtuah 4 Surabaya pada materi persamaan dan grafik fungsi kuadrat. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen kuantitatif dengan desain penelitian quasi experimental research one group post-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Google Meet lebih efektif. Nilai post-test siswa lebih tinggi dibandingkan menggunakan aplikasi Whatsapp Group.References
Aisyah, Siti & Dwi Sari I. 2021. Efektivitas Penggunaan Platform Google Meet terhadap Hasil Belajar Siswa. Mathematic Education Journal (Journal MathEdu). 4(1): 45-49.
Firman & Sari, Rahayu. 2020. Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19.Indonesian Journal of Educational Science (IJES). 2(2): 81-89.
Gikas, Joanne & Michael M. Grant. 2013. Mobile Computing in Higher Education: Student Perspectives on Learning with Cellphones,Smartphone & Social Media. Internet and Higher Education. 19: 18-26.
Komalasari, Rita. 2020. Manfaat Teknologi Informasi Komunkasi dan Informasi di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi.7(1): 38-49.
Kusuma, Jaka Wijaya., & Hamidah. 2020. Perbandingan Hasil Belajar Matematika dengan Penggunaan Platform Whatsapp Group dan Webinar Zoom dalam Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemik Covid 19.Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. 5(1): 97-106.
Mansyur, Abd. Rahim. 2020. Dampak Covid-19 Terhadap Dinamika
Pembelajaran Di Indonesia. Education and Learning Journal. 1(2):
-123.
Putut L.E, Endrayana. 2018. Cooperative Learning Model TGT (Teams Games Tournament) Materi Bilangan Bulat bagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Buana Matematika. 7(2): 85-88.
Syah, Rizqon H. 2020. Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia:Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. Jurnal Sosial dan Budaya Syar’i. 7(5): 395-402




