Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Articulate Storyline 3 Pada Mata Kuliah Asesmen dan Evaluasi Pembelajaran

Made Juniantari, Gede Saindra Santyadiputra, Ni Made Rupita Widyastiti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Articulate Storyline 3 pada mata kuliah Asesmen dan Evaluasi Pembelajaran berdasarkan model ADDIE yang memenuhi kriteria praktis dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Subjek penelitian adalah mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Matematika Universitas Pendidikan Ganesha. Sebelum mengetahui kepraktisan dan efektivitas media, validitas media diukur terlebih dahulu berdasarkan penilaian ahli materi dan ahli media yang diperoleh rata-rata skor berturut-turut 3,80 dan 3,76 tergolong katagori sangat valid. Kepraktisan media didasarkan pada rata-rata skor angket respons mahasiswa dan dosen terhadap media pembelajaran yang diperoleh secara berturut-turut adalah 3,52 dan 3,60. Sedangkan efektivitas media pembelajaran dilihat dari rata-rata skor tes hasil belajar yang diberikan dan diperoleh rata-rata skor 80,87. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan termasuk dalam kriteria valid, praktis, dan efektif.

References


Arsyad, Azhar. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Cahyadi, Ani. (2019). Pengembangan Media dan Sumber Belajar: Teori dan Prosedur. Jakarta: Laksita Indonesia.

Candiasa, I M. (2011). Pengujian Instrumen Penelitian disertai Aplikasi ITEMAN dan BIGSTEPS. Singaraja: Undiksha Press.

Fikri, Hasnul dan Ade Sri Madona. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif. Yogyakarta: Samudra Biru.

Ghozali, F. A., & Rusimamto, P. W. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Articulate Studio 13 Kompetensi Dasar Arsitektur dan Prinsip Kerja Fungsi Setiap Blok PLC di SMK Negeri 1 Sampang. Jurnal Pendidikan Elektro, 05(01) : 223–228.

Muhson, A. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia. 08(02). 1-10.

Pulungan, S., 2017. Pemanfaatan ICT Dalam Pembelajaran PAI. Query: Journal of Information Systems, 01(01) : 19-24.

Purnama, S., & Asto B, I. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Software Articulate Storyline Pada Mata Pelajaran Teknik Elektronika Dasar Kelas X Tei 1 Di Smk Negeri 2 Probolinggo. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3(2) : 275–279.

Rusman. (2012). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer : Mengembangkan Profesionalisme Guru Abad 21. Bandung: Alfabeta.

Sudrajat, Akhmad. 2008. Media Pembelajaran.(online). (http://akhmadsudrajat. wordpress.com/2008/01/12/kons ep-media-pembelajaran/). Diakses 1 Mei 2016.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Surjono, Herman Dwi. (2017). Multimedia Pembelajaran Interaktif: Konsep dan Pengembangan. Yogyakarta: UNY Press.

Tegeh, I. M., dkk. (2014). Model Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Yahya, R., Ummah, S.K. and Effendi, M.M., 2020. Media Pembelajaran Interaktif Articulate Storyline: Pengembangan Perangkat Pembelajaran Flipped classroom Bercirikan Mini-project. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 04(01) : 78-91.

Yumini, S., & Rakhmawati, L. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Pada Mata Diklat Teknik Elektronika Dasar Di Smk Negeri 1 JETIS Mojokerto Siti Yumini Lusia Rakhmawati. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 04(03) : 845–849.




DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v6i3.715

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published by:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Universitas Nahdlatul Ulama Blitar