Pengembangan Media Interaktif Sparkol Videoscribe Sistem Pencernaan Manusia untuk Kelas V di SDN Damarwulan 1 Kabupaten Kediri

Ma’rifatul Fauziah, Mohamad Fatih

Abstract


Penelitian ini didasarkan oleh media teknologi yang kurang dimanfaatkan guru, sehingga menggunakan metode ceramah yang cenderung siswa jenuh dan malas belajar. Tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan media interaktif sparkol videoscribe sistem pencernaan manusia untuk kelas V di SDN Damarwulan 1 Kabupaten Kediri, kemudian menguji kelayakan dan kemenarikannya. Model pengembangan menggunakan Borg and Gall (modifikasi Sugiyono) yang dilakukan sampai tahap ke-7 dari 10 tahapan. Hasil penelitian menunjukkan media memenuhi kriteria “sangat layak”  berdasarkan validasi ahli materi dan pakar (guru) serta memenuhi kriteria “layak” berdasarkan validasi ahli media. Hasil uji kemenarikan media menujukkan skor 90% dengan kualitas “sangat menarik” sehingga produk tidak direvisi. Simpulan media sangat layak dan menarik untukdigunakan pada pembelajaran.


Keywords


sparkol videoscribe, sistem pencernaan manusia

References


Air, dkk. 2015. How To Design Your Own Whiteboard Animation. Bristol, UK : Sparkol Books.

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Asyhari, Ardian dan Helda Silvia. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Buletin dalam Bentuk Buku Saku untuk Pembelajran IPA Terpadu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika ‘Al-BiRuNi, 5 (1): 1-13.

Edison. 2017. Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa PGMI pada Mata Kuliah Matematika SD/MI Melalui Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Sparkol Videoscribe di IAI Muhammadiyah Bima. Jurnal Basicedu. 1(2): 59- 65.

Fransisca, I. dan Mintohari. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Sparkol Videoscribe pada Pelajaran IPA dalam Materi Tata Surya Kelas VI SD. J-PGSD, 6 (11): 1916-1927.

Juwantara, Ridho Agung. 2019. Analisis Teori Perkembangan Kognitif Piaget pada Tahap Anak Usia Operasional Konkret 7-12 Tahun dalam Pembelajaran Matematika, Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 9 (1): 27 -34.

Minarni. 2016. Pemanfaatan Media Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Berbasis Video Menggunakan Aplikasi Videoscribe Untuk Anak Kelas 2 Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dosen Fikom (Unda), 5 (1): 2.

Musyadat, Ilham. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Scribe untuk Peningkatan Mata Pelajaran Sosiologi Kelas X MAN Bangil. Skripsi Ilmu Pengetahuan Sosial, Universitas Islam Negeri Malang.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tegeh, Made, dkk. 2014. Model Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Wati, Ega Rima. 2016. Ragam Media Pembelajaran. Yogyakarta: Kata Pena.




DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v6i3.697

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published by:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Universitas Nahdlatul Ulama Blitar