Analisis Kesalahan Representasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Open-Ended Materi SMP Aritmetika Sosial

Putri Intan Permatasari, Cholis Sadijah, Tjang Daniel Chandra

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikanajenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan masalah open-ended pada materi aritmetika sosial. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Prosedur penelitian yang dilakukan peneliti terdiri dari beberapa tahap, yaitu: tahap observasi, tahap perencanaan, dan tahap pelaksanaan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Cluring sebanyak 32 orang. Teknik pengumpulan data ini menggunakan metode tes dan wawancara. Teknik analisis data melalui proses reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa siswa mengalami kesalahan konseptual, prosedural, dan teknikal pada representasi visual, simbol, dan verbal.

Keywords


Analisis kesalahan, masalah open-ended

References


Afriyani D., & Sa’dijah C. 2018. Characteristicsiof Students’ Mathematical Understanding in Solving Multiple Representation Task based on Solo Taxonomy. International Electronic Journal of Mathematics Education. e-ISSN: 1306-3030. 2018, Vol. 13, No. 3, 281-287. https://doi.org/10.12973/iejme/3920.

Dalyono, M. 2015. PsikologiiPendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Dennis, Fitryan. 2009. Simpleitips: berpikir kreatif. Jakarta: Esensi Erlangga (Online) diakses tanggal 12 Januari 2021.

Dila, O. R. dan Zanthy, L. S. 2020. Identifikasi KesulitaniSiswa dalam Menyelesaikan Soal Aritmatika Sosial. Jurnal Teorema: Teori dan Riset Matematika, 5(1), 17-26, Maret 2020 p-ISSN 2541-0660, e-ISSN 2597-7237 © 2020. https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/article/view/3036.

Dwilistyowati, M. 2018. Kesalahan Menurut Kastolanidan Scaffolding Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. 1-13.

Fajriah, Noor dan Eef, Asiskawati. 2015. KemampuaniBerpikir Kreatif Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Di SMP. Jurnal Lambung Makurat. (Online) (http:// ppjp.unlam.ac.id) diakses tanggal 19 Februari 2021.

Faruq A., Yuwono I., & Chandra T. 2016. Representasi (Eksternal-Internal) padaiPenyelesaian Masalah Matematika. JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika), 1(2), 149-162. https://doi.org/10.15642/jrpm.2016.1.2.149-162.

Hidajat, F. A., Sa’dijah, C., Sudirman, & Susiswo. (2019). Explorationiof Students’ Arguments to Identify Perplexity from Reflective Process on Mathematical Problems. International Journal of Instruction, 12(2), 573-586. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12236a.

Khanifah, N. M., & Nusantara, T. 2011. Analisis KesalahaniPenyelesaian Soal Prosedural Bentuk Pangkat Bulat dan Scaffoldingnya. 1-14.

Khatimah, K., Sa’dijah C., & Susanto H. 2017. PemberianiScaffolding Untuk Mengatasi Hambatan Berpikir Siswa Dalam Memecahkan Masalah Aljabar. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika Volume 1 Nomor 1. ISSN: 2549 – 8584 (online). http://journal2.um.ac.id/index.php/jkpm.

Khumaidi, Mohammad Shilahudin. 2013. Jenjang Kreativitas Siswaidalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Kemampuan Matematika Siswa. E-Journal Unesa. (Online) (http://ejournal.unesa.ac.id) diakses tanggal 20 Desember 2020.

Kurniati, R. dan Astuti, M. 2016. Penerapan StrategiiPembelajaran Open Ended Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Palembang. JIP: Jurnal Ilmiah PGMI Volume 2, Nomor 1.

Moma, La. 2015. Pengembangan InstrumeniKemampuan Berpikir Kreatif Matematis untuk Siswa SMP. Vol.4, No.1. (Online) (http://download.portalgaruda.org) diakses tanggal 13 November 2020.

Muhsinin, Ummil. 2013. Pendekatan OpeniEnded Pada Pembelajaran Matematika. Journal Iain Jambi. Vol.4. (Online) (http://e-journal.iainjambi.ac.id) diakses tanggal 19 Februari 2021.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah.

Ratna. 2015. Analisis Kesalahan Siswa Kelas VIII Dalam MenyelesaikaniSoal Pada Materi Operasi Hitung Penjumlahan dan Pengurangan Bentuk Aljabar Di SMP Negeri 7 Palu. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika.

Siswono, Tatag Yuli Eko. 2008. Konstruksi TeoritikiTentang Tingkat Berpikir Kreatif Siswa Dalam Matematika. (Online) diakses tanggal 19 Februari 2021.

Susilawati, Chandra T., Abadyo. 2019. Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas XI melalui Penerapan Model Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. Volume: 4, Nomor:9, Halaman: 1268—1275.

Yudhanegara, M. R. dan Karunia Eka Lestari. 2015. Meningkatkan Kemampuan Representasi Beragam Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah Terbuka. Jurnal ilmiah Solusi Vol. 1 No. 4.




DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v6i3.670

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published by:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Universitas Nahdlatul Ulama Blitar