Pengaruh pembelajaran Outdoor Learning dengan strategi Daring terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Sejarah USK Aceh

Authors

  • Nurasiah Nurasiah Universitas Syiah Kuala
  • Sharfina Nur Amalina Fakulti of Tarbiyah and Teacher Training, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Abdul Azis Fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, Universitas Syiah Kuala

DOI:

https://doi.org/10.28926/briliant.v6i3.669

Keywords:

education

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pembelajaran Outdoor Learning dengan Strategi daring untuk mengetahui pengaruhnya terhadap prestasi  belajar mahasiswa mata kuliah Afrika prodi pendidikan sejarah USK, Banda Aceh.  Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasy eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa semester ganjil prodi pendidikan sejarah. Hasil penelitian menunjukkan; (1) prestasi mahasiswa pada kelas eksperimen lebih meningkat dari kelas kontrol. (2) Pada kelas eksperimen mahasiswa yang mencapai ketuntasan sebesar 92 persen dan pada kelas kontrol mahasiswa yang mencapai ketuntasan sebesar 36 persen. Hasil tersebut menunjukkan model pembelajaran  Outdoor Learning dengan Strategi daring memberikan pengaruh signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa.

Author Biographies

Nurasiah Nurasiah, Universitas Syiah Kuala

Jl. Tgk. Hasan Krueng Kalee, Kopelma Darussalam, Kec. Syiah Kuala, Kota Banda Aceh, Aceh 24415

Sharfina Nur Amalina, Fakulti of Tarbiyah and Teacher Training, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Fakulti of Tarbiyah and Teacher Training,  UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

References

Azis, A., Nurasiah, N., & Munira, W. (2018). Korelasi antara: Kesadaran Sejarah, Religious Values dan Pemahaman Multi-Etnis terhadap Sikap Toleransi siswa SMA N Banda Aceh. Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 10(2). https://doi.org/10.30599/jti.v10i2.236

Djamarah, S. B. (1994). Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya : Usaha Nasional.

Djamarah, S. B. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Huda, M. (2011). Cooperatif Learning, Metode, Teknik, Struktur dan Model Penerapan. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Isjoni. (2013). Cooperative Learning: Efektivitas Pembelajaran Kelompok. Bandung : PT. Alfabeta.

Margono. (2004). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.

Nurasiah, N., Azis A., Munira W. (2018). The correlation between: awareness of history, religious values and multiethnic understanding with tolerance attitude. Paramita: Historical Studies Journal, 29(1), 10-17

Nurhadi. (2003). Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya Dalam KBK. Malang : Universitas Negeri Malang.

Riyanto, Y. (2012). Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta : Kencana.

Sabri, A. (2010). Strategi Belajar Mengajar Micro Teaching. Ciputat : Quantum Teaching.

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta : ARRUZZ Media.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya Cetakan ke-4. Jakarta : Rineka Cipta.

Slavin, R. E. (2005). Cooperative Learning Teori, Riset dan Pratik. London : Nusa Media.

Sudjana. (2005). Metode Statistika. Bandung : PT. Tarsito.

Suyono, & Hariyanto. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Syah, M. (2003). Psikologi Belajar. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Taniredja, Tukiran, & dkk. (2012). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Bandung : PT. Alfabeta.

Thobroni, & Mustofa, A. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.

Published

2021-08-31

Issue

Section

Education and Social Science