Pengaruh Penerapan PBL terhadap Motivasi Belajar dan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Siswa Sekolah Dasar Di Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung

Fahrul Ar Rozy

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan PBL terhadap motivasi belajar dan kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika siswa SD. Jenis penelitian ini termasuk kuantitatif yang mengunakan metode eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SD di wilayah Kecamatan Ngunut. Untuk menentukan sampel menggunakan  teknik multistage sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket dan tes hasil belajar tentang memecahkan soal cerita matematika. Teknik analisis data menggunakan uji T dan uji F dengan program SPSS. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan terdapat pengaruh antara penerapan problem based learning terhadap motivasi belajar dan kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika siswa SD di Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung.


Keywords


problem based learning; motivasi belajar; soal cerita matematika

References


Alsa, A. (2004). Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif Serta Kombinasinya dalam Penelitian Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Daryati, D. (2018). Pengaruh Penggunaan Metode Problem Posing terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial UPI, vol.7, no.1, 31-42.

Emda, A. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, vol.5, no.2, 93-196.

Hastjarjo T.D. (2019). Rancangan Eksperimen-kuasi. Jurnal Buletin Psikologi, vol.27, no.2, 187-203.

Nurhadi, dkk. (2004). Pembelajaran Kontekstual (Contekstual Teaching and Learning/CTL) dan Penerapannya dalam KBK. Malang: Penerbit Universitas Negeri Malang (UM Press).

Rahardjo, M dan Astuti W. (2011). Pembelajaran Soal Cerita Operasi Hitung Campuran di Sekolah Dasar. Yogyakarta : Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika.

Rahmawati, A. (2019). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berbasis Pembelajaran Pemecahan Masalah Kelas V SD Negeri Gebangsari 03. Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika, vol.1, no.2, 46-51.

Sardiman, A.M. (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar mengajar. PT Rajagrafindo: Jakarta.

Sholihah, D.A dan Ali M. (2015). Keefektifan Experiential Learning Pembelajaran Matematika MTS Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, vol.2,no.2, 175-185.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Tella, A. (2007). The Impact of Motivation on Student’s Academic Achievement and Learning Outcomes in Mathematics Among Secondary School in Nigeria. Eurasia Journal of Mathematics,Science & Technology Education, vol.3, no.2, 149-156.

Uno, H.B. (2013). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Wahyudi, W., & Dewi, S. A. (2017). Analisis Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Tentang Bangun Datar Ditinjau Dari Teori Van Hiele. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, Vol 10, no 1, 481-494.

Winahyu. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV SDN Mongisidi II Kota Makassar. Prosiding Seminar Nasional, vol.4, no.1, 445-464.

Wulandari, B. (2018). Pengaruh Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Motivasi Belajar PLC di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, vol.3, no.2, 178-191.

Zahrah, R.F. (2018). Peningkatan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita dan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Melalui Penggunaan Masalah Kontekstual Matematika. Jurnal Penelitian Pendidikan (JPP), Universitas Pendidikan Indonesia, vol.16, no.2, 119-126.




DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v6i4.654

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published by:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Universitas Nahdlatul Ulama Blitar