Penalaran Spasial Geometri Ruang Mahasiswa Calon Guru MI/SD Berkemampuan Awal Tinggi Berdasarkan Gender

Ulum Fatmahanik

Abstract


Penalaran spasial sangatlah penting dalam belajar geometri terutama sebagai calon guru MI/SD baik laki-laki maupun perempuan. Sehingga dalam hal tersebut terdapat peran penting  kemampuan awal matematika yang harus dimiliki oleh mahasiswa calon guru MI/SD sebelum belajar geometri. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendiskripsikan bagaimana kemampuan spasial mahasiswa calon guru MI/SD berdasarkan perbedaan gender berkemampuan awal tinggi. Hasil penelitian menunjukan bahwa mahasiswa calon guru MI/SD laki-laki dan perempuan berkemampuan awal tinggi mempunyai kemampuan spasial yaitu mampu untuk melakukan visualisasi, orientasi, relasi dan persepsi spasial tetapi tidak mampu dalam melakukan rotasi mental.


Keywords


Penalaran Spasial, Geometri, Gender, Kemampuan Awal.

References


As’ari, A. R., Muchtadi, Fuady, A., Sumaji, Wulandari, S., Sandie, Hadi, S., Fuat, & Andriani, P. (n.d.). Variasi Konstruk Dalam Pembelajaran Matematika (A. R. As’ari & B. E. Irawan (Eds.)). CV. Bintang Sejahtera.

Asis, M., & Arsyad, N. (2015). PROFIL KEMAMPUAN SPASIAL DALAM MENYELESAIKAN MASALAH GEOMETRI SISWA YANG MEMILIKI KECERDASAN LOGIS MATEMATIS TINGGI DITINJAU DARI PERBEDAAN GENDER (Studi Kasus di kelas XI SMAN 17 Makassar). In ojs.unm.ac.id (Vol. 3). https://ojs.unm.ac.id/JDM/article/view/1320

Bednarz, R., Sciences, J. L.-P.-S. and B., & 2011, U. (n.d.). The Components of Spatial Thinking: Empirical Evidence. Elsevier.

Bilda, W., Nopitasari, D., & Haswati, D. (2019). Numerical: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Implementasi Lembar Aktivitas Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Penalaran Spasial dan Self Esteem pada Mahasiswa Matematika. Journal.Iaimnumetrolampung.Ac.Id. https://doi.org/10.25217/numerical.v3i2.544

Etmy, D., Ratu Perwira Negara, H., Bumi Gora Mataram, S., & Artikel, R. (2017). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Geometri Siswa Kelas VIII MTsN 3 Mataram berdasarkan Kemampuan Spasial ditinjau dari Gender. Seminar Nasional Integrasi Matematika Dan Nilai Islami), 1(1), 349–355. http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/SIMANIS/article/view/126

Fatmahanik, U. (2018). PENELUSURAN MISKONSEPSI OPERASI BILANGAN BULAT DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MAHASISWA PGMI DENGAN MENGGUNAKAN CRI (CERTAINTY OF RESPON INDEX). In jurnal.iainponorogo.ac.id (Vol. 16, Issue 1). http://jurnal.iainponorogo.ac.id/index.php/cendekia/article/view/1201

Kresna Nur Hidayat, & Rita Fiantika, F. (2017). Analisis Proses Berfikir Spasial Siswa Pada Materi Geometri Ditinjau Dari Gaya Belajar. Seminar Nasional Integrasi Matematika Dan Nilai Islami), 1(1), 385–394. http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/SIMANIS/article/view/134

Linn, M., & Petersen, A. (n.d.). Emergence and Characterization of Sex Differences in Spatial Ability: A Meta-Analysis. JSTOR. Retrieved February 23, 2021, from https://www.jstor.org/stable/1130467

Maier, P. H. (1998). SPATIAL GEOMETRY AND SPATIAL ABILITY - HOW TO MAKE SOLID GEOMETRY SOLID? Annual Conference of Didatics Mathematics, 69–81.

Mega T. Budiarto. (n.d.). “Pembelajaran Geometri Dan Berpikir Geometri,” in Dalam Prosiding Seminar Nasional Matematika “Peran Matematika Memasuki Milenium III”. Jurusan Matematika FMIPA ITS Surabaya.

Möhring, W., Newcombe, N. S., & Frick, A. (n.d.). The Relation Between Spatial Thinking and Proportional Reasoning in Preschoolers. Journal of Experimental Child Psychology, 132, 213–220. https://doi.org/10.1016/j.jecp.2015.01.005

Newcombe, N. (2010). Increasing Math and Science Learning by Improving Spatial Thinking. American Educator, 34(32). https://doi.org/10.1037/A0016127

Razak, F. (2017). HUBUNGAN KEMAMPUAN AWAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VII SMP PESANTREN IMMIM PUTRI MINASATENE. Mosharafa, 6(1). http://e-mosharafa.org/index.php/mosharafa

Ristontowi. (2013). Kemampuan Spasial Siswa Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realiastik Indonesia Dengan Media Geogebra. Seminar Nasional Matematika, November, 37–48.

Sumarni, S., Matematika, A. P.-J. E. dan S., & 2016, undefined. (n.d.). KEMAMPUAN VISUAL-SPATIAL THINKING DALAM GEOMETRI RUANG MAHASISWA UNIVERSITAS KUNINGAN. Journal.Uniku.Ac.Id. Retrieved February 23, 2021, from http://journal.uniku.ac.id/index.php/JESMath/article/view/349

Uttal, D. H., Miller, D. I., & Newcombe, N. S. (2013). Exploring and Enhancing Spatial Thinking: Links to Achievement in Science, Technology, Engineering, and Mathematics? Current Directions in Psychological Science, 22(5), 367–373. https://doi.org/10.1177/0963721413484756




DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v6i3.651

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published by:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Universitas Nahdlatul Ulama Blitar