Penggunaan Media ICT dalam Implementasi Problem Based Learning Pada Pelajaran IPA Materi Siklus Hidup

Endrayana Putut Laksminto Emanuel, Ani Muzarotul Zakiyah

Abstract


Kurangnya kreatifitas guru dan keaktifan siswa di dalam kegiatan pembelajaran masih menjadi permasalahan yang penting untuk diteliti. Penelitian bertujuan untuk mengetahui bahwa media ICT dalam model PBL bisa meningkatkan kemampuan siswa memahami konsep IPA. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment kuantitatif. Instrumen yang digunakan ialah pengumpulan data lembar tes dan dokumentasi . Tes hasil belajar siswa yang diharapkan bisa meningkatkan pemahaman konsep peserta didik terhadap belajarnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media ICT mampu meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi siklus hidup hewan.

Keywords


education, learning, media

References


Ariyanto, M. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Ipa Materi Kenampakan Rupa Bumi Menggunakan Model Scramble. Profesi Pendidikan Dasar. https://doi.org/10.23917/ppd.v3i2.3844

Cresswel, J. (2013). Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. In Research design. https://doi.org/10.2307/3152153

Darwis, M., Pendidikan, D., Fakultas, B., Dan, K., Pendidikan, I., Muhammadiyah, U., & Selatan, T. (2016). Upaya Meningkatkan Kreativitas Belajar Ilmu Pengetahuan Aalam (IPA) Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Di MTs Muhammadiyah 7 HASAHATAN JULU. JURNAL EKSAKTA.

Deliany, N., Hidayat, A., & Nurhayati, Y. (2019). Penerapan Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA Peserta Didik di Sekolah Dasar. Educare. https://doi.org/10.36555/educare.v17i2.247

E., N. P. D., Putra, I. K. A., & Suadnyana, I. N. (2016). Pengaruh Penerapan Model Kooperatif Tipe Teams Games Tournamens (TGT) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas Iv Sd N Gugus 6 Mengwi, Badung. Mimbar Pgsd.

Febiharsa, D., & Djuniadi, D. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif 3 Dimensi untuk Pembelajaran Materi Pengenalan Lingkungan Pada Anak Usia Dini di Indonesia. Journal of Studies in Early Childhood Education (J-SECE). https://doi.org/10.31331/sece.v1i1.590

Hartini, H. (2019). Peningkatan Kemandirian dan Prestasi Belajar IPA melalui Problem Based Learning berbantuan Lembar Kerja Siswa. Paedagogie. https://doi.org/10.31603/paedagogie.v14i1.2678

Hastuti, A., & Budianti, Y. (2014). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas II Sdn Bantargebang Ii Kota Bekasi. Pedagogik.

Hayati, N., & Harianto, F. (2017). Hubungan Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual dengan Minat Peserta Didik pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Bangkinang Kota. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan. https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2017.vol14(2).1027

Kartikasari, Erlin. (2016). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Raja Darmawan Terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia Untuk Penutup Asing (BIPA) Di Surabaya European School Indonesia. Prosiding Seminar Nasional.28 Mei 2016. ISBN 24600318.

L.E., E. P. (2018). Cooperative Learning Dengan Model TGT (Teams Games Tournament) Materi Bilangan Bulat Bagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Buana Matematika : Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.36456/buana_matematika.7.2:.1048.85-88

Muslim, I., Halim, A., & Safitri, R. (2015). Penerapan Model Pembelajaran PBL Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Konsep Elastisitas Dan Hukum Hooke di SMA Negeri Unggul Harapan Persada. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education).

Safitri, M., Yennita, Y., & Idrus, I. (2018). Upaya Meningkatkan aktivitas dan Hasil Belajar IPA Siswa Melalui Penerapan Model Problem Based Learning (PBL). Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi. https://doi.org/10.33369/diklabio.2.1.103-112

Salim Nahdi, D., Yonanda, D. A., & Agustin, N. F. (2018). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Penerapan Metode Demonstrasi Pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas. https://doi.org/10.31949/jcp.v4i2.1050

Sudarsana, I. K., Nakayanti, A. R., Sapta, A., Haimah, Satria, E., Saddhono, K., … Mursalin, M. (2019). Technology Application in Education and Learning Process. Journal of Physics: Conference Series. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1363/1/012061

Surahman, Paudi, R. I., & Tureni, D. (2015). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA Pokok Bahasan Makhluk Hidup Dan Proses Kehidupan Melalui Media Gambar Kontekstual Pada Siswa Kelas II SD Alkhairaat Towera. Jurnal Kreatif Tadulako Online.

Susanto, A. (2017). Pemanfaatan ICT (Informations and Communication Technologies) dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Tarbawy : Jurnal Pendidikan Islam. https://doi.org/10.32923/tarbawy.v4i2.820




DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v6i2.650

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published by:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Universitas Nahdlatul Ulama Blitar