Faktor Kendala dalam Penerapan Kurikulum di Universitas Negeri Malang di Era Revolusi Industri 4.0

Dewi Kartika Ardiyani

Abstract


Penelitian kualitatif ini bertujuan mendeskripsikan kendaladalam penerapan kurikulum yang telah dikembangkan oleh Prodi S1 Pendidikan Bahasa J­­erman (PSPBJ) Universitas Negeri Malang dalam meningkatkan kompetensi lulusan sesuai dengan standar dan kebutuhan masyarakat di era globalisasi dan revolusi industi 4.0. Terdapat beberapa faktor yang menjadi kendala dalam implementasi kurikulum yang berkaitan dengan standar kebahasaan, pengembangan kurikulum yang terlalu menekankan pada konsep/teori, kurangnya riset untuk menganalisi kebutuhan pasar dan mahasiswa, kualitas dosen, dan belum adanya benchmarking. Untuk mengatasi kendala tersebut, dipaparkan beberapa pendapat dan saran berdasarkan  hasil diskusi forum dan angket oleh pemangku kepentingan yang perlu diperhatikan untuk meningkatkan kualitas lulusan PSPBJ.


Keywords


: standar berbahasa Jerman, Zertifikat Deutsch B1, Prodi Pendidikan Bahasa Jerman

References


Amalia.2016.Benchmarking.(online),(http://dinus.ac.id/repository/docs/ajar/2016_BPK_01_-_Kebutuhan_SMK_Baru_-_Amalia.pdf)

Andriani, Dwi Esti. 2010. Mengembangkan Profesionalitas Guru Abad 21 melalui Program Pembimbingan yang Efektif 4(2): hlm. 94, (Online), dalam Manajemen Pendidikan, (http://journal.uny.ac.id/index.php/jmp/article/download), diakses pada 21 Juni 2017.

Bosanquet, A.,Winchester-Seeto,T. dan Rowe, A. 2010. But I Thought You were Doing that Clarifying the Role of the Host Supervisor In Experience-Based Learning. Asia- Pacific Journal of Cooperative Education, 13 (2): 115-134.

Correia, A. 2014. Creating Curriculum Within the Context of an Enterprise.New York: Springer.

Darling, Linda. 2006. Constructing 21st Century Teacher Education 57 (10): hlm.1, (Online), dalam Journal of Teacher Education, (http:www.chalkboardproject.org/sites/default/files/Constructing-21st-Century-Tchr- Ed.pdf), diakses pada 21 Juni 2017.

Glaboniat, Manuela/Müller, Martin/Rusch, Paul/Schmitz, Helen/Wertenschlag, Lukas (2005): Profile deutsch : gemeinsamer europäischer Referenzrahmen; Lernzielbestimmungen, Kannbeschreibungen, kommunikative Mittel, Niveau A1-A2, B1-B2, C1-C2. Langenscheidt: Berlin/München/Wien/Zürich/New York.

Hamalik, Oemar. 2006. Manajemen Pengembangan Kurikulum. Remaja Rosdakarya: Bandung.

Hamalik, Oemar. 2007. Dasar – Dasar Pengembangan Kurikulum. Remaja Rasdakarya: Bandung.

Jono, Ali Akbar. 2016. Studi Implementasi Kurikulum Berbasis KKNI pada Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris di LPTK se-Kota Bengkulu. Manhaj, Vol. 4, Nomor 1, Januari – April 2016

Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi. 2016. Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi.

Khairiah. 2015. Pengaruh Implementasi Kurikulum Berbasis KKNI. NUANSA Vol. VIII, No. 2, Desember 2015. 171-185

Manyukhina, Yana . 2019. Learner agency and the curriculum: a critical realist perspective. The Curriculum Journal Volume 30, 2019 - Issue 3. https://doi.org/10.1080/09585176.2019.1599973

Nga, Le Tuyet. 2013. Germanistik in Vietnam. Jurnal Asosiasi Germanistik Indonesia.https://www.academia.edu/8912528/Jurnal_Asosiasi_Germanistik_Indonesia.

Paulus, M dan Devie . 2013. Analisa Pengaruh Penggunaan Benchmarking Terhadap Keunggulan Bersaing dan Kinerja Perusahaan. BUSINESS ACCOUNTING REVIEW, VOL. 1, NO.2, 2013

Tim Kurikulum dan Pembelajaran Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan. 2014. Buku Kurikulum Perguruan Tinggi. Jakarta: Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Siagian, Beslina Afriani dan Siregar, Golda Novatrasio Sauduran. Analisis Penerapan Kurikulum Berbasis KKNI diUniversitas Negeri Medan. PEDAGOGIA : Jurnal Ilmu Pendidikan, vol 16, Desember 2018. Hal. 327-342 (online), (https://ejournal.upi.edu/index.php/pedagogia/article/view/12378)

Storc, Günther. Eichheim, Hubert. 2010. Mit Erfolg zum Zertifikat Deutsch (telc Deutsch B1): Übungsbuch+Audio-CD. Klett und langendscheidt: Mὕnchen.

Widodo, Pratomo. 2013. Germanistik und Deutsch Auf Lehramt in Indoensien. Paper presented on the international conference on practical experience in teaching German ("Zielsprache Deutsch - Erfahrungen aus der Unterrichtspraxis") from October 18th to 19 th, 2013 at Hanoi University, Vietnam.




DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v6i2.649

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published by:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Universitas Nahdlatul Ulama Blitar