Korelasi Sertifikasi Guru dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Ngantru Kabupaten Tulungagung

Authors

  • FNU Istifadah Universitas Terbuka
  • Imam Baehaki Ubniversitas islam Kadiri
  • FNU Suroyo Universitas Terbuka

DOI:

https://doi.org/10.28926/briliant.v6i3.647

Keywords:

Sertifikasi Guru, Lingkungan Kerja, kinerja Guru

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh sertifikasi merupakan kebijakan dan upaya pemerintah dalam meningkatkan profesionalisme serta kinerja guru dan juga lingkungan kerja guru, sehingga diharapkan mampu meningkatkan kualitas pendidikan salah satunya dilaksanakan di SDN Kecamatan Ngantru. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui dan menganalisis korelasi yang signifikan antara sertifikasi guru terhadap kinerja guru di SDN Kecamatan Ngantru Kabupaten Tulungagung dan untuk mengetahui dan menganalisis korelasi yang signifikan antara lingkungan kerja guru terhadap  kinerja guru di SDN Kecamatan Ngantru Kabupaten Tulungagung dan untuk mengetahui dan menganalisis korelasi yang signifikan antara sertifikasi guru dan lingkungan kerja guru terhadap  kinerja guru di SDN Kecamatan Ngantru Kabupaten Tulungagung. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif korelasional. Subyek penelitian guru Sekolah Dasar Negeri yang bersertifikasi yang berada di Kecamatan Ngantru Kabupaten Tulungagung yang berasal dari 27 sekolah dasar. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling yaitu dari 120 orang guru dengan rumus slovin ditentukan sebanyak 92. Pengumpulan data  menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji korelasi, uji T dan uji F dibantu dengan program SPSS.

References

Bafadal, I. (2004). Peningkatan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar dalam Kerangka

Hasibuan, Malayu. 2001. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi aksara

Kartono, K. (2004) Pemimpin dan Kepemimpinan, Jakarta: Abnormal Rajawali.

Priyono (2008) Metode Penelitian Kwantitatif, Surabaya: Zifatama Publishing

Sugiyono (2014) Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Undang-Undang No 14 tahun 2005 pasal 8 tentang Guru dan Dosen

Undang – Undang RI Nomor 14 tahun 2006 ayat 1 pasal 11 tentang Guru dan Dosen

Undang – Undang RI Nomor 14 tahun 2006 ayat 12 pasal 1 tentang Guru dan Dosen

Published

2021-08-31

Issue

Section

Education and Social Science