Korelasi Kompetensi dan Motivasi Guru terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Ngantru Kabupaten Tulungagung

Zulfia Waliati, Imam Baehaki, FNU Suroyo

Abstract


Kompetensi dan motivasi merupakan aspek yang berkaitan dengan kinerja guru. Kinerja guru adalah  tema sentral  dalam berbicara tentang kualitas pendidikan di Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan korelasi kompetensi guru terhadap kinerja guru Sekolah Dasar Negeri, untuk mendeskripsikan korelasi motivasi guru terhadap kinerja guru Sekolah Dasar Negeri, dan untuk mendeskripsikan korelasi kompetensi dan motivasi guru terhadap kinerja guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Ngantru Tulungagung. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif korelasional. Subyek penelitian guru Sekolah Dasar Negeri yang berstatus sebagai PNS yang berada di Kecamatan Ngantru Kabupaten Tulungagung yang berasal dari 27 sekolah dasar. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling yaitu dari 124 orang guru dengan rumus slovin ditentukan sebanyak 95. Pengumpulan data  menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji korelasi, uji T dan uji F dibantu dengan program SPSS

Keywords


Kompetensi, motivasi, kinerja guru

References


Agustinari, T. (2017). Pengaruh Motivasi dan Kompetensi Profesioanal Guru Terhadap Kinerja Guru di SMP Negeri Se Kecamatan Jetis Kota Yogyakarta.

Andriani. (2017). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Dabin II Kecamatan Petarukan Kabupaten Pamelang.

Dirawat, dkk. (2003). Pengantar Kepemimpinan Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.

Hilmi. (2016). Pengaruh Motivasi Guru Terhadap Kompetensi Guru PAI di SDN Kecamatan Banjarwangi.

Sagala, S. (2009). Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan . Bandung: Alfabeta.

Sardiman. (2016). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Graffindo Persada.

Supriyono. (2017). Pengaruh Kompetensi Pedagogik, Profesional, dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Wonoasri.

Wahyuni. (2015). Pengaruh Kompetensi Guru dalam Pembelajaran Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan pelepat Ilir Kabupaten Bungo.




DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v6i3.646

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published by:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Universitas Nahdlatul Ulama Blitar