Korelasi Antara Pembiasaan Membaca Dan Gemar Membaca Dengan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD di Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung

Endah Siswanti, Imam Baehaki, Sri Listyarini

Abstract


Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara pembiasaan membaca dengan gemar membaca siswa, mengetahui korelasi antara gemar membaca dengan hasil belajar Bahasa Indonesia, mengetahui korelasi antara pembiasaan membaca dengan hasil belajar Bahasa Indonesia, dan mengetahui korelasi antara pembiasaan membaca dan gemar membaca dengan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V SD di Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung. Penelitian ini menggunakan rancangan pendekatan kuantitatif noneksperimen dengan metode Ex-post Facto. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V Sekolah Dasar yang berada di wilayah Kecamatan Ngunut tahun Pelajaran 2019-2020. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini dipilih dengan metode Multi Stage Sampling yang terbagi menjadi 2 tahap, yakni dengan cluster samping dan random sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 100 siswa dari gugus 3. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket dan studi dokumen hasil belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi linear berganda dengan bantuan program SPSS. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) terdapat korelasi yang signifikan antara pembiasaan membaca dengan gemar membaca siswa kelas V SD di Kecamatan Ngunut, ditunjukkan dengan nilai signifikansi t < 0,05, yang berarti ada korelasi yang signifikan antara variabel X1 dengan variabel X2, (2) terdapat korelasi yang signifikan antara gemar membaca dengan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V SD di Kecamatan Ngunut, ditunjukkan dengan nilai signifikansi t sebesar 0,000 < 0,05, yang berarti terdapat korelasi yang signifikan antara variabel X2 dengan variabel Y (3) terdapat korelasi yang signifikan antara pembiasaan membaca dengan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V SD di Kecamatan Ngunut dibuktikan dengan nilai signifikansi t sebesar 0,000 < 0,05, yang berarti terdapat korelasi yang signifikan antara variabel X1 dengan variabel Y (4) terdapat korelasi  yang signifikan antara pembiasaan membaca dan gemar membaca dengan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V SD di Kecamatan Ngunut, ditunjukkan melalui hasil uji F dengan nilai signifikansi F kurang dari 0,05 yang menunjukkan bahwa variabel X1 dan X2 secara bersama-sama mempengaruhi Y, dan hasil nilai korelasi determinasi (Adjusted R Square) sebesar 0,542 yang artinya  54,2% variabel Y dipengaruhi oleh variabel X1 dan X2, sedangkan sisanya 45,8% dipengaruhi oleh faktor lain

Keywords


Pembiasaan Membaca; Gemar Membaca; Hasil Belajar Bahasa Indonesia

References


Anggraeni, P. R. (2019) Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Tahap Pembiasaan Untuk Meningkatkan Karakter Gemar Membaca Di Sdn Jetak Kecamatan Sukapura Kabupaten Probolinggo Provinsi Jawa Timur. Malang: Thesis, Program Pasca Sarjana University Muhammadiyah Malang.

Aprilia, I. (2017). Pelaksanaan Program Gerakan Literasi. Purwokerto: PGSD FKIP Universitas Muhamadiyah Purwokerto.

Elley, W. B. dan Mangubhai, F. (1983). The Impact of Reading on Second Language Learning, Reading Research Quarterly,19/, hal: 53-67.

Harjasujana, A.S., dan Yeti M.. (1996). Membaca 2. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Martuti, E. D. K. (2017) “Pengaruh Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah, Minat Membaca Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI”. Surakarta: Tesis Program Pascasarjana Majemen Pendidikan Islam IAIN Surakarta.

Muhayannah, S. (2017). Analisis Hubungan kebiasaan Membaca Teks Sastra Dan Teks Faktual Dengan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa MTS Negeri 6 Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun Pelajaran 2016/2017. Yogyakarta: Tesis Program Pascasarjana. Universitas Widya Dharma Klaten.

Purnamasari, D. (2013). “Hubungan Antara Kebiasaan Membaca Dengan Pemahaman Bacaan Siswa Kelas VIII SMP di Kecamatan Kalasan Sleman”.Yogyakarta: Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta.

Rahim, F. (2007). Pengajaran Membaca Di sekolah Dasar. Jakarta : Bumi Aksara.

Rosidi, A. (1973). Pembinaan Minat Baca, Bahasa, dan Sastra. Surabaya: PT. Bina Ilmu

Supriyono. (1998). Kontribusi Pustakawan Dalam Meningkatkan Minat Baca. Jurnal Media Pustakawan, Vol. V, Nomor 3, hal 1-11.

Syafi'ie, I. (1994). Pengajaran Membaca Terpadu. Bahan Kursus Pendalaman. Materi Guru Inti PKG Bahasa dan Sastra Indonesia. Malang: IKIP.

Solikhah, I.A. (2016). Hubungan Minat Baca Dengan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V Sdn Gugus Dipayuda Kecamatan Banjarnegara Kabupaten Banjarnegara. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

Sudjana, N. (2005). Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Tampubolon. (1990). Kemampuan Membaca, Teknik Membaca Efektif Dan Efisien. Bandung: Angkasa.

The Liang Gee. (1995). Cara Belajar Efisien II. Yogyakarta: PUBIB.

Yaumi, M.(2014). Pendidikan karakter landasan, pilar & implementasi. Jakarta: Prenadamedia Group.




DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v6i3.644

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published by:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Universitas Nahdlatul Ulama Blitar