Pengaruh Facebook Dan Pola Asuh Orang Tua Demokratis Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD di Kecamatan Ngantru

Siti Masunah, Imam Baehaki, Juhana Juhana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh facebook dan pola asuh orang tua demokratis terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V Sekolah Dasar di kecamatan Ngantru. Populasi berjumlah 520 siswa. Sampel yang digunakan adalah sebanyak 95 responden. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif normalitas, homogenitas dan uji T dengan bantuan SPSS. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1) hipotesis pertama ditolak dengan hasil siginifikansi 0,579 > 0,05, yang berarti tidak ada pengaruh penggunaan Facebook terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V di kecamatan Ngantru. 2) Hipotesis kedua ditolak dengan hasil siginifikansi 0,464 > 0,05, dengan kata lain tidak ada pengaruh pola asuh orang tua demokratis terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V di kecamatan Ngantru. 3) tidak ada pengaruh positif dan signifikan dalam penggunaan Facebook dan pola asuh orang tua demokratis terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V di kecamatan Ngantru, dengan nilai signifikansi sebesar 0,601 > 0,05. Kontribusi penggunaan media sosial Facebook dan pola asuh orang tua demokratis terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V di kecamatan Ngantru sebesar 0,5% sedangkan 99,5% dipengaruhi faktor lain

Keywords


facebook, pola asuh demokratis, bahasa indonesia

References


Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN). 2012. Arikunto, Suharsimi. 2010. Managemen Penelitian. Jakarta. Penerbit Rineke Cipta.

Fathurrohman, P. (2009). Strategi Belajar Mengajar Melalui Penanaman Konsep Umm dan Konsep Islami. Bandung: Refika Aditama.

Gunawan. 2008. Analisis Regresi Linier Ganda dengan SPSS. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Gunarsa, Singgih. 2002, Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta: Gunung Mulia.

Hurlock, E. B. (2010). Perkembangan Anak Jilid I. Jakarta: Erlangga.

Maksum, Ali. 2012. Metodologi Penelitian dalam Olahraga. Surabaya : Unesa University Press.

Nisfianoor. 2009. Pendekatan Statistik Modern untuk Ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika.

Sasmito, Mayasari. 2015. Pemanfaatan Media Sosial Facebook Untuk Media Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Media Aplikom 4(4).

Sugiyino, Metodelogi Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.

Yitro, O. O. & Falemu, F. A. Effect of Parental Involvement on the Academic Performance of Student in Elementary School. International Journal of Academic Research in Business and School Science. No. 2. ISBN: 2222-6990




DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v6i3.638

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Published by:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Universitas Nahdlatul Ulama Blitar