Pengaruh Metode Field Trip Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SD di Kecamatan Ngantru

Didik Susanto, Imam Baehaki, FNU Juhana

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode field trip terhadap keaktifan dan hasil  belajar siswa kelas IV SD di Kecamatan Ngantru. Penelitian ini merupakan penelitian quasy exsperimen control group design dengan menggunakan kelas kontrol dan kelas eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SD di Kecamatan Ngantru, sedangkan sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 1 Batokan sebagai kelas kontrol dan SDN Pakel sebagai kelas eksperimen.Tehnik pengambilan sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua tahap. Tahap pertama dengan multi stage sampling dan tahap kedua adalah purposive sampling.Variabel bebas pada penelitian adalah metode field trip, sedangkan variabel terikat adalah keaktifan dan hasil belajar siswa. Pengambilan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan tehnik tes yaitu dengan pre test  dan post test. Selain itu, peneliti juga menggunakan tehnik non tes yaitu dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu menggunakan uji_T (uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis) menggunakan bantuan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh metode field trip terhadap keaktifan siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas IV SD di Kecamatan Ngantru dari hasil t_hitung = 18,937 dan t_tabel = 2,1098, karena hasil t_hitung lebih besar dari t_tabel dengan signifikansi sebesar 0,000<0,05, (2) terdapat pengaruh metode field trip terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran  Bahasa Indonesia kelas IV SD di Kecamatan Ngantru dari hasil t_hitung = 9,370 dan t_tabel = 2,109, karena hasil t_hitung lebih besar dari t_tabel dengan signifikansi sebesar 0,000<0,05, dan (3) terdapat pengaruh keaktifan siswa terhadap hasil belajar siswa dari t_hitung=3,186 dan t_tabel 2,1098 dengan signifikansi sebesar 0,000<0,05.

Keywords


Metode Field Trip; Keaktifan Siswa; Hasil Belajar

References


Majid, Abdul. (2014). Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT Remaja Rosada Karya

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Daryanto, (2014). Pendekatan Pembelajaran Sainstifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media

Dimyati dan Mujiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Asdi Mahasatya

Sagala, S. (2013). Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Bandung: Alfabeta

Sardiman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press




DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v6i3.637

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published by:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Universitas Nahdlatul Ulama Blitar