Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Muatan Pelajaran IPS Siswa SD Kelas V di Kecamatan Ngantru

Authors

  • Ari Wardani Universitas Terbuka
  • Imam Baehaki Universitas Islam Kadiri
  • Ajat Sudrajat Universitas Terbuka

DOI:

https://doi.org/10.28926/briliant.v6i3.636

Keywords:

Problem Based Learning, keaktifan, hasil belajar

Abstract

Pendidikan IPS di SD bertujuan membekali pengetahuan, keterampilan, sikap, dan nilai siswa dalam kehidupan bermasyarakat. Kenyataan di lapangan banyak guru SD mengajarkan IPS dengan metode konvensional yang menekankan proses menghafal sehingga membatasi siswa berpikir kritis, aktif dan kreatif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap keaktifan siswa , apakah ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa dan apakah ada pengaruh antara keaktifan terhadap hasil belajar pada muatan pelajaran IPS kelas V SD di Kecamatan Ngantru. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik Quasi Eksperimen, desain penelitiannya adalah Nonequivalent Control Group Design. Subyek penelitian seluruh siswa kelas V di Kecamatan Ngantru, tehnik samplingnya menggunakan Multi Stage Sampling. Pengumpulan data menggunakan instrumen test dan non test. Analisis data dalam penelitian menggunakan uji prasyarat analisis dan uji hipotesis.

References

Depdiknas. (2006). Bunga Rampai Keberhasilan Guru dalam Pembelajaran. Jakarta: Depdiknas.

Finkle, & Torp. In S. Aris, 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013 (p. 2014). Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Hadi, N., & Senduk, A. G. (2004). Pembelajaran Kontekstual. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Kamdi, W. (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Malang: Universitas Negeri Malang.

Sanjaya, W. (2010). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Grup.

Sapriya. (2012). Pendidikan IPS Konsep dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sardiman. (2001). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sardiman. (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali.

Sudjana, N. (2013). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&B. Bandung: Alfabeta.

Wahidmurni. (2010). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Nuha Litera.

Published

2021-08-31

Issue

Section

Education and Social Science