Pemahaman Konsep Siswa Pada Aktivitas Kerja Kelompok Berbasis CTL REACT

Imro'atul Mubarokah, Cholis Sa’dijah, Hery Susanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman konsep siswa yaitu pada materi matriks berdasarkan komponen pemahaman konsep dengan indikator yang sudah ditetapkan oleh peneliti. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan dalam Penelitian ini adalah tanya jawab, diskusi dan penugasan untuk mengetahui pemahaman konsep siswa pada Lembar Kerja Kelompok (LKK) berbasis CTL REACT. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI-IPS 5 semester 1 pada Tahun Pelajaran 2020/2021 dengan jumlah 11 siswa dan dibentuk menjadi 3 kelompok secara hiterogen. Adapun Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar kerja berupa aktivitas kerja kelompok berbasis CTL REACT yang selanjutnya disebut Lembar Kerja Kelompok (LKK) berbasis CTL REACT. Dalam penelitian ini, LKK yang digunakan adalah LKK berbasis CTL REACT dengan 4 sub pokok bahasan yaitu konsep matriks, operasi aljabar pada matriks, determinan dan invers matriks, serta penyelesain persamaan linear dua variabel. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep siswa berada pada level 2 dan 3. Ini artinya, siswa paham konsep matematika tentang materi matriks meskipun ada beberapa yang tidak lengkap atau kurang tepat.

References


Aledya, V. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika pada Siswa. May, 0–7.

Aminullah. (2018). Analisis Kesulitan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Matriks. Logaritma: Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Sains, 6(01), 64. https://doi.org/10.24952/logaritma.v6i01.1245

Ardianto, W., & Kuswandi, D. (2017). Pembelajaran Saintifik Berbantuan Media Manipulatif Untuk Memahamkan Konsep Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Bulat. Jurnal Pendidikan - Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(5), 694–705.

Ardina, F. R., Matematika, P., & Malang, P. N. (2016). Analisis Lembar Kerja Siswa Dalam. 2015, 171–180.

Bingolbali, E., Akkoç, H., Ozmantar, M. F., & Demri, S. (2011). Pre-service and in-service teachers’ views of the sources of students’ mathematical difficulties. International Electronic Journal of Mathematics Education, 6(1), 40–59.

Cord. (1999). Teaching Mathematics Contextually. The Cornerstone of Tech Prep, 64. http://www.cord.org/uploadedfiles/Teaching_Math_Contextually.pdf

Creswell, J. W. (2012). Planing, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. (Person (ed.)). United States of America.

Dewi, S. V., Sa’dijah, C., Muksar, M., & Qohar, A. (2019). The interaction of students in mathematical problem solving with group discussion activities. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 10(2), 85–96.

Eggen, P., & Kauchak, D. (2012). Strategi dan model pembelajaran: Mengajarkan konten dan keterampilan berpikir. Jakarta, Indonesia: Indeks.

Fitriyana, N., & Purwasi, L. A. (2020). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS DISCOVERY LEARNING. Jurnal Pendidikan Matematika : Judika Education, 3(1). https://doi.org/https://doi.org/10.31539/judika.v3i1.1242

Garegae, K. . (2007). A quest for understanding understanding in mathematics learning: Examining theories of learning. The Mathematics Education into the (Vol. 21)

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.

Hiebert, J. (2003). What Research Says About The NCTM Standards. United States: The National Council of Teacher of Mathematics, Inc.

Hima, L. R., Nusantara, T., Hidayanto, E., & Rahardjo, S. (2019). Changing in mathematical identity of elementary school students through group learning activities. International Electronic Journal of Elementary Education, 11(5), 461–469. https://doi.org/10.26822/iejee.2019553342

Karadeniz, M.H., Kaya, T.B., & Bozkus, S. (2017). Explanations of prospective middle school mathematics teachers for potential misconceptions on the concept of symmetry. International Electronic Journal of Elementary Education, 10(1), 71–82.

Khansa, S. L., Pramudya, I., & Kuswardi, Y. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Dengan Strategi Arias Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Motivasi Belajar Pada Materi Relasi Dan Fungsi. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 11(4), 259–272.

Lin, S. (2018). The Effect of Group Work on English Vocabulary Learning. 7(4), 163–178. https://doi.org/10.5539/jel.v7n4p163

Mawaddah, S., & Maryanti, R. (2016). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP dalam Pembelajaran Menggunakan Model Penemuan Terbimbing (Discovery Learning). EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 76–85. https://doi.org/10.20527/edumat.v4i1.2292

Muhammad Agus, P. (2020). HUBUNGAN AKTIVITAS KERJA KELOMPOK DENGAN PRESTASI SISWA KELAS VIII DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TERPADU AL-WASHLIYAH 20 MEDAN TAHUN AJARAN 2019/2020. 10(2). http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/JKM/article/view/2203

Mulyono, B., & Hapizah, H. (2018). Pemahaman Konsep Dalam Pembelajaran Matematika. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 103–122. https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol3no2.2018pp103-122

National Council Of Teachers Of Mathematics. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. School Science and Mathematics, 47(8), 868–279. https://doi.org/10.1111/j.1949-8594.2001.tb17957.x

Nawas, A. (2018). CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) APPROACH THROUGH REACT STRATEGIES ON IMPROVING THE STUDENTS’ CRITICAL THINKING IN WRITING. International Journal of Management and Applied Science, 4(7), 46–49. http://creativecommons.org/licenses/by/3.0/

Pangemanan, A. (2020). Application of Contextual Teaching and Learning Approach on Statistics Material Against Student Results. International Education Studies, 13(4), 1. https://doi.org/10.5539/ies.v13n4p1

Prastowo, A. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Purwasi, L. A., & Fitriyana, N. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Pendekatan Open-Ended Untuk Melatih Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(1), 18–26.

Puspita, A. M. I., & Purwo, S. (2019). Pengaruh Bahan Ajar Berbasis Literasi Dengan Pendekatan Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education, 2(1), 2. https://doi.org/10.15575/al-aulad.v2i1.4426

Rikmasari, R. F. S. H. (2018). Peningkatan Pemahaman Konsep dan Keaktifan Siswa dengan Menggunakan Metode Concept Mapping (Peta Konsep) Kelas IV SDN Kranji II Bekasi Barat. Indonesian Journal of Primary Education, 2(1), 124–129.

Sari, D. P., & Darhim. (2020). Implementation of react strategy to develop mathematical representation, reasoning, and disposition ability. Journal on Mathematics Education, 11(1), 145–156. https://doi.org/10.22342/jme.11.1.7806.145-156

Setianingsih, R., Sa’dijah, C., As’ari, A. R., & Muksar, M. (2017). Investigating Fifth- Grade Students ’ Construction of Mathematical Knowledge through Classroom Discussion. International Electronic Journal of Mathematics Education, 12(4), 383–396.

Suraji, Maimunah, S. S. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Suska Journal of Mathematics Education, 4(4), 9–16. https://doi.org/10.24014/sjme.v3i2.3897

Susiswo. (2014). Folding Back Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Masalah Limit Berdasarkan Pengetahuan Konseptual Dan Pengetahuan Prosedural. Prosiding Seminar Nasional TEQIP (Teachers Quality Improvement Program) Dengan Tema “Membangun Karakter Bangsa Melalui Pembelajaran Bermakna TEQIP” Pada 1 Desember 2014 Di Universitas Negeri Malang.

Tatagno, A. Y. P., Sa’dijah, C., & Akbar, S. (2017). Penerapan Asesmen Autentik dalam Pembelajaran Konstektual pada Materi Pecahan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(6), 736–742.

Utami, F. D., Djatmika, E. T., & Sa’dijah, C. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran terhadap Pemahaman Konsep, Sikap Ilmiah, dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian Dan Pengembangan, 2(12), 1629–1638.

Zahara, E., Murni, A., & Hutapea, N. (2020). Development of Mathematics Learning Tools by Implementing Numbered Head Together Type Cooperative Models to Improve Students’ Mathematical Understanding Ability in Matrix Topic. Journal of Educational Sciences, 4(4), 190–204.




DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v6i2.635

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published by:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Universitas Nahdlatul Ulama Blitar