Upaya Mereduksi Prokrastinasi Akademik Pada Tugas Matematika Selama Pandemi Covid-19 Melalui Strategi Self Regulated Learning

Althif Afandy, Fuat Fuat

Abstract


Permasalahan yang dihadapi guru pada siswa kelas IX B SMPN 2 Pasuruan adalah sikap menunda-nunda dalam pengerjaan tugas. Penelitian dilakukan selama 2 hari dalam 2 minggu sesuai jadwal matematika angkatan 2020/2021. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan metode Pretest & Postest Design. Sampel diambil acak sebanyak 6 dari 30 siswa sebagai subjek penelitian. Pengumpulan data menggunakan The Academic Procrastination State Inventory (APSI). Hasil pretest menunjukan prokrastinasi akademik siswa tergolong tinggi, sebesar 81,17%. Setelah diterapkan SRL, prokrastinasi turun menjadi 64%, masih tinggi. Kemudian dilanjutkan tahap kedua, turun menjadi 39%. Disimpulkan bahwa SRL dapat menurunkan prokrastinasi akademik secara signifikan apabila diberikan secara bertahap.

Keywords


Prokrastinasi akademik; tugas harian matematika; self regulated learning

References


Akinsola, M. K., et al. (2007). "Correlates of academic procrastination and mathematics achievement of university undergraduate students." Eurasia Journal of Mathematics, science and technology education 3(4): 363-370.

Aklima, Y., Supriyanto, A., & Antara, U. (t.t.). UPAYA MENGURANGI PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK (PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMA NEGERI 1 MUARA BATU). 9.

Arjanggi, R., & Suprihatin, T. (2010). METODE PEMBELAJARAN TUTOR TEMAN SEBAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BERDASAR REGULASI-DIRI. Makara Human Behavior Studies in Asia, 14(2), 91. https://doi.org/10.7454/mssh.v14i2.666

De Carvalho Filho, M. K. and M. Yuzawa (2001). "The effects of social cues on confidence judgments mediated by knowledge and regulation of cognition." The Journal of Experimental Education 69(4): 325-343.

Fibrianti, I. D. (2009). Skripsi. Hubungan Antara Dukungan Sosial Orangtua Dengan Prokrastinasi Akademik Dalam Menyelesaikan Skripsi Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro Semarang, Undip Semarang.

Fuat, F. (2018). KEGAGALAN BENTUK SKEMA ARGUMEN BUKTI. Jurnal Ilmiah Edukasi & Sosial, 7(2), 146-150.

Kemmis, S. and M. Taggart (2002). "R. 1988." The action research planner.

Komaidi, D. and W. Wijayati (2011). "Panduan Lengkap Penelitian Tindakan Kelas." Yogyakarta: Sabda Media

Latipah, E. (2015). "Strategi self regulated learning dan prestasi belajar: kajian meta analisis." Jurnal psikologi 37(1): 110–129.

Moore, J. L., et al. (2011). "e-Learning, online learning, and distance learning environments: Are they the same?" The Internet and Higher Education 14(2): 129-135.

Mufidah, U. N. (2019). EFEKTIVITAS TEKNIK SELF-REGULATED LEARNING UNTUK MEREDUKSI PROKRASTINASI AKADEMIK PESERTA DIDIK KELAS XI MA MIFTAHUL ULUM KOTA BARU LAMPUNG TENGAH TAHUN PELAJARAN 2019/2020, UIN Raden Intan Lampung

Purdie, N., et al. (1996). "Student conceptions of learning and their use of selfregulated learning strategies: A cross-cultural comparison." Journal of educational psychology 88(1): 87

Putri, P. W. (2013). Analisis Faktor Prokrastinasi Akademik: Studi pada Mahasiswa Psikologi Angkatan 2009 Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Schouwenburg, H. C. (1995). Academic procrastination. Procrastination and task avoidance, Springer: 71-96.

Setyowati, E., Santosa, H., Biantoro, Y., & Ma’arif, S. (t.t.). UPAYA MENURUNKAN PROKRASTINASI AKADEMIK MELALUI LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN BEHAVIORISTIK PADA PESERTA DIDIK KELAS XI TKJ DI SMK MA’ARIF 1 NANGGULAN. 9.

Solomon, L. J. and E. D. Rothblum (1984). "Academic procrastination: Frequency and cognitive-behavioral correlates." Journal of counseling psychology 31(4): 503.

Sriwigati, T., et al. (2020). "UPAYA MEREDUKSI PROKRASTINASI AKADEMIK MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK DISKUSI BAGI PESERTA DIDIK KELAS XII APHP B SMK NEGERI 1 WANAYASA."

Suparno, P. (2001). Teori perkembangan kognitif jean piaget, Kanisius.

Tugas (Def. 1) (n.d). Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online. Diakses melalui https://kbbi.web.id/tugas, 15 Desember 2020.

Zakiyah, N., et al. (2010). "Hubungan antara penyesuaian diri dengan prokrastinasi akademik siswa sekolah berasrama SMP N 3 Peterongan Jombang." Jurnal Psikologi Undip 8(2).

Zhen, B., Weber, K., & Mejia-Ramos, J. P. (2016). Mathematics Majors’ Perceptions of the Admissibility of Graphical Inferences in Proofs. International Journal of Research in Undergraduate Mathematics Education, 2(1), 1–29. https://doi.org/10.1007/s40753-015-0010-1

Zimmerman, B. J. (1989). "A social cognitive view of self-regulated academic learning." Journal of educational psychology 81(3): 329.




DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v6i2.632

Refbacks



Copyright (c) 2021 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published by:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Universitas Nahdlatul Ulama Blitar