Komunikasi Matematis Tulis Siswa pada Pembelajaran Inkuiri Terbimbing

Chusnul Ma'rifah, Cholis Sa'dijah, Subanji Subanji

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis tulis siswa pada lembar aktivitas dengan model inkuiri terbimbing. Penelitian bersifat deskriptif kualitatif. Subjek yang digunakan 10 siswa MA Miftahul Huda Kepanjen Malang. Dari hasil penelitian, diperoleh tahapan analisis strategi mendapat nilai tertinggi dengan prosentase 100% yang berada pada katagori tinggi, sedangkan tahapan terendah adalah tahap pengajuan hipotesis dengan nilai 52,25% yang berada pada katagori sedang. Pada tahapan analisis strategi, siswa sudah dapat merepresentasikan notasi matematis dan menggunakan manipulasi matematis secara benar sehingga dapat menemukan rumus barisan aritmetika dan geometri, sedangkan pada tahap pengajuan hipotesis, respon sudah dituliskan siswa namun belum benar atau akurat

Keywords


Komunikasi Matematis Tulis, Inkuiri Terbimbing

References


Afifa, F. M. (2017). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa kelas VIII B SMP Negeri 3 Kota Mojokerto Melalui metode pembelajaran Penemuan Terbimbing pada Materi Teorema Pythagoras. Universitas Negeri Malang.

Alberta. (2008). Th e Al b e r t a 1 0 – 1 2 MA T H EMA T I C S Program of Studies with Achievement Indicators. Alberta Education.

Ardina, F. R. (2016). Analisis Lembar Kerja Siswa dalam Meningkatkan Komunikasi Matematis Tulis Siswa. Jurnal PEndidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(2), 171–180.

Diana, T. A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik SMPN 17 Kota Bengkulu. Seminar Nasional Tadris (Pendidikan) Matematika, 45–48.

Diningrum, P. R., Azhar, E., & Faradillah, A. (2018). hubungan disposisi matematis terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII di SMP Megeri 24 Jakarta. Seminar Nasional Pendidikan Matematika 2018, 01, 352–364.

Fatmariani, Ismail, M. I., & Abrar, P. (2015). Perbandingan Kemampuan Komunikasi Matematis Dengan Menggunakan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Dan Pendekatan Saintifik Siswa Kelas Vii Di Smp Wahyu Makassar. Matematika Dan Pembelajran, 3(2), 149–162. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/Mapan/article/view/3138

Hardianti, T., & Kuswanto, H. (2017). Difference among levels of inquiry: Process skills improvement at senior high school in Indonesia. International Journal of Instruction, 10(2), 119–130. https://doi.org/10.12973/iji.2017.1028a

Lahadisi. (2014). Inkuiri : Sebuah Strategi Menuju Pembelajaran Bermakna. Jurnal Al-Ta’dib Vol. 7 No. 2 Juli-Desember, 7(2), 85–98.

Lee, C.-D. (2014). Worksheet Usage, Reading Achievement, Classes’ Lack of Readiness, and Science Achievement: A Cross-Country Comparison. International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology, 2(2). https://doi.org/10.18404/ijemst.38331

Lindawati, S. R. I. (2011). Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan, 2(2), 16–29.

Margunayasa, I. G., Dantes, N., Marhaeni, A. A. I. N., & Suastra, I. W. (2019). The effect of guided inquiry learning and cognitive style on science learning achievement. International Journal of Instruction, 12(1), 737–750. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12147a

Mathematics, N. C. of T. of. (2000). Principles Standards and for School Mathematics.

Nurhadi, & Senduk. (2004). Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. UM Press.

Ormancı, Ü., & Çepni, S. (2020). Investigating the Effects of Web-Based Science Material for Guided Inquiry Approach on Information and Communication Skills of Students. Participatory Educational Research, 7(1), 201–219. https://doi.org/10.17275/per.20.12.7.1

Qohar, A., & Sumarmo, U. (2013). Improving mathematical communication ability and self regulation learning of yunior high students by using reciprocal teaching. Journal on Mathematics Education, 4(1), 59–74. https://doi.org/10.22342/jme.4.1.562.59-74

Retnodari, W., Elbas, Wi. F., & Selvi, L. (2020). Scaffolding dalam Pembelajaran Matematika. LINEAR: Journal of Mathematics Education, 1(1), 15–21.

Rohid, N., Suryaman, S., & Rusmawati, R. D. (2019). Students’ Mathematical Communication Skills (MCS) in Solving Mathematics Problems: A Case in Indonesian Context. Anatolian Journal of Education, 4(2), 19–30. https://doi.org/10.29333/aje.2019.423a

Romiyansah, R., Karim, K., & Mawaddah, S. (2020). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Pada Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 88–95. https://doi.org/10.20527/edumat.v8i1.8342

Santoso, R. A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar PKn Siswa kelas V SDN 10 Metro timur. Universitas Lampung.

Sarifatun, I. (2020). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas Vii Smp Negeri 1 Mojolaban. IAIN Purwokerto.

Sefalianti, B. (2014). Penerapan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Komunikasi Dan Disposisi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 1(2), 209697.

Subanji. (2013). Revitalisasi Pembelajaran Bermakna dan Penerapannya Dalam Pembelajaran Matematika Sekolah. Seminar Nasional TEQIP, 2013, 685–693.

Subanji, S. (2014). TEQIP sebagai Wahana Mewujudkan Pembelajaran Bermakna dan Membangun Karakter Bangsa. J-Teqip, 5(2), 307–318.

Sumaji, Sa’Dijah, C., Susiswo, & Sisworo. (2020). Mathematical communication process of junior high school students in solving problems based on APOS theory. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 8(1), 197–221. https://doi.org/10.17478/jegys.652055

Sumarmo. (2000). Pengembangan Model Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Intelektual Tingkat Tinggi Siswa Sekolah Dasar.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

Walk, G., Congress, M., & Bansho. (2005). Communication in mathematics classrooms. Mathematics Education: Exploring the Culture of Learning, 8490, 117–119. https://doi.org/10.4324/9780203465394

Wijayanti, A., Ah, N. I., & Kusuma, Y. D. (2020). Analisis Kompetensi Strategis Matematis Siswa dalam Memecahkan Soal Matematika. Jember.

Wijayanto, A. D., Fajriah, S. N., & Anita, I. W. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Smp Pada Materi Segitiga Dan Segiempat. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 97–104. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.36




DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v6i2.628

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published by:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Universitas Nahdlatul Ulama Blitar