Efektifitas Pelatihan Problem Solving dengan Teknik Mind Mapping untuk Meningkatkan Kreativitas Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Puji Ika Rahayu, Niken Titi Pratitis, Andik Matulessy

Abstract


Guru pendidikan anak usia dini (PAUD) merupakan tenaga professional yang dituntut memiliki kompetensi dan ketrampilan tertentu terutama terkait dengan kemampuan mengembangkan pembelajaran kreatif di satuan pendidikan anak usia dini. Fakta di lapangan menunjukkan masih banyak guru PAUD yang memiliki kreativitas rendah, sehingga berdampak pada keberlangsungan kegiatan pembelajaran, bahkan berdampak pada penilaian akreditasi satuan pendidikan anak usia dini. Melalui penelitian yang bertujuan membuktikan efektivitas pelatihan problem solving dengan teknik mind mapping dalam meningkatkan kreativitas guru pendidikan anak usia dini, didesain sebuah metode penelitian secara eksperimen dengan melibatkan satu kelompok eksperimen dan satu kelompok kontrol. Subjek penelitian adalah guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang bertugas pada satuan pendidikan anak usia dini terakreditasi C di Kabupaten Kotawaringin Barat yang berjumlah 40 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelatihan problem solving dengan teknik mind mapping efektif dalam meningkatkan kreativitas sehingga hipotesis penelitian diterima (p < 0,01 ).

Keywords


Problem Solving, Mind Mapping, Kreativitas

References


Andika, K. (2016). Pengaruh Kreativitas Guru Dalam Pembelajaran Dan Kecerdasan Emosional Siswa Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas X Di SMA Negeri 89 Jakarta. Jurnal Ilmiah Econosains E-ISSN: 2252-8490 Vol. 14 No. 1, Maret 2016.

Ancok,D. (2012). Psikologi Kepemimpinan dan Inovasi. Jakarta: Erlangga.

Amabile, T.M. (1998). How to kill creativity. Harvard Bussiness Review, September-Oktober, 76(5), 76-87. Diunduh 15 September 2019 dari https://hbr.org/1998/09/how-to-kill-creativity

Azwar, S. (2017, 2018). Tehnik Penyusunan Skala Pengukuran. Yogyakarta: Universitas Gajah Mada.

Buzan, T. (2008). Buku Pintar Mind Map. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Cachia, R., Ferrari, A., Mutka, K. A., & Punie, Y.(2010). Creative Learning and Innovative Teaching Final Report on the Study on Creativity and Innovation in Education in the EU Member States. JRC 62370. EUR 24675 EN. ISBN 978-92-79-18974-6. ISSN 1018-5593. doi : 10.2791/ 52913. Luxembourg: Publications Office of the European Union. Diunduh 13 September 2019 dari http://is.jrc.ec.europa.eu/pages/EAP/documents/%20Dingli.pdf

Depdikbud. (2007). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Djamarah, S. B. dan Zain, A. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Fadilah. (2016). Pengaruh Pembelajaran Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika & Matematika. Volume 2 Nomer 1.

Faelasofi, R. (2016). Penerapan Metode Mind Mapping Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal eDuMath Vol 2 (185-192).

Gulo, W. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Grasindo.

Iskandar, A. (2017). Practical Problem Solving. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Jumhur, A. (2013). Psikologi Eksperimen. Bandung: Pustaka Setia.

Lagibu, M. Dkk. (2018). Pengaruh Kecerdasan Interpersonal, Kecerdasan Intrapersonal, Dan Kecerdasan Sosial Terhadap Kreativitas Guru Sekolah Menengah Pertama Negeri Di Kecamatan Paguyaman Kabupaten Boalemo. JPs: Jurnal Riset dan Pengembangan Ilmu Pengetahuan. Volume 03, Nomor 1, Februari 2018.

Latuconsina, H. (2014). Pendidikan Kreatif : Menuju Generasi Kreatif dan Kemajuan Ekonomi Kreatif di Indonesia. Jakarta: Kompas Gramedia.

Munandar, U. (2009). Kreativitas dan Keberbakatan. Strategi Mewujudkan Potensi Kreatif dan Bakat. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Pratitis, N.T,. (2012). Motivasi Kerja dan Kreativitas Guru TK Ditinjau dari Kepribadian Kode Warna, Masa Kerja, Usia dan Besar Pendapatan. Proceeding Ilmiah.Surabaya: ISWI.

Pratitis, N.T,. (2019). Pengembangan Tes Kreativitas Di Bidang Arsitektur. Disertasi. Surabaya: Universitas Airlangga

Ristiasari, T., Priyono, B., dan Sukaesih, S. (2012). Model Pembelajaran Problem Solving Dengan Mind Mapping Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Unnes Journal of Biology Education, 1 (3), 8.

Sanjaya, W. (2009). Strategi Pembelajaran Berbasis Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kanisius.

Semiawan, C. (2009). Kreativitas Keberbakatan : Mengapa, Apa dan Bagaimana. Jakarta:Indeks.

Seniati., Liche. (2017). Psikologi Eksperimen.Jakarta: Indeks.

Sugita, N.T.H. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving dan Problem Posing terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Kreativitas Siswa pada Materi Termokimia Kelas XI SMA Negeri 1Karanganyar Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Kimia. Volume. 5, No. 2.




DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v6i2.594

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Published by:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Universitas Nahdlatul Ulama Blitar