Implementasi Model Osborn Berbasis IT Pada Matakuliah Kalkulus di Universitas Madura

Authors

  • Chairul Fajar Tafrilyanto Universitas Madura
  • Harfin Lanya Universitas Madura

DOI:

https://doi.org/10.28926/briliant.v6i1.587

Keywords:

Model Osborn, Pembelajaran IT, Kalkulus

Abstract

Kalkulus merupakan salah satu mata kuliah dasar yang harus ditempuh mahasiswa prodi pendidikan matematika Universitas Madura. Beberapa mahasiswa menganggap mata kuliah tersebut sulit karena rumus yang banyak dan rumit. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui aktivitas, respon dan hasil belajar  mahasiswa selama mengimplementasikan model Osborn berbasis IT. Penelitian ini merupakan PTK. Setiap siklus mencakup tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi.  Hasil aktivitas, respon dan hasil belajar mahasiswa berturut-turut  mengalami peningkatan sebesar 0,775,  17,87%, dan  46,42%. Peningkatan tersebut dari refleksi yang terus dilakukan dari setiap pembelajaran, dosen juga harus lebih peka terhadap karakteristik mahasiswa yang berbeda dan memotivasi mahasiswa agar berani berpendapat.

References

Lanya, Harfin, Septi DA., 2019. Efektifitas Model Pembelajaran Osborn Dengan TeknikBrainstorming Pada Mata Kuliah Metode Numerik. Jurnal Indomath (Indonesia mathematic education). Vol 2 No 1. Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Sukamti. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Osborn dengan Teknik Brainstorming Materi Aritmetika Sosial. Tesis. Universitas Negeri Surabaya

Mustakim. 2020. Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online SelamaPandemi COVID-19 Pada Mata Pelajaran Matematika”. Journal Of Islamic Education Vol. 2, No. 1, Mei 2020

Lanya, Harfin, Septi DA., 2018. Pembelajaran Osborn Dengan Teknik Brainstorming Berbantuan Aplikasi Matlab Materi Akar Persamaan Tak Linear. Jurnal Briliant (jurnal riset dan konseptual). Vol 3 No 3. Universitas Nahdatul Ulama Blitar

Huda, Miftahul. (2014). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran.Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Eko kurtanto, Journal Indonesian Language Education and Literature. Keefektifan Model Pembelajaran Daring Dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia Di Perguruan Tinggi Vol. 3,No. 1, Desember 2017 halm. 99-110

Sudjana, S.Djuju. (2001). Metode dan Teknik Pembelajaran Partisipatif.Bandung.Falah Production.

Suyadi, 2010. Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Jogjakarta: Diva Press.

Published

2021-02-28

Issue

Section

Education and Social Science