Menumbuhkan Kebiasaan Membaca Buku Pelajaran melalui Media Ular Tangga

Authors

  • Erna Nur'aini SDN TURI 1

DOI:

https://doi.org/10.28926/briliant.v2i4.58

Keywords:

membaca, buku pelajaran, ular tangga

Abstract

Kebiasaan membaca sebenarnya berbeda dengan minat membaca.Pada kebiasaan membaca, motifnya bukan lagi hanya untuk mendapat pengalaman emosional yang mengasyik­kan tetapi juga untuk mendapat informasi atau pengetahuan baru.Permainan ular tangga merupakan salah satu alat permainan yang bisa digunakan sebagai media pembelajaran.Permainan ini dapat dimainkan untuk semua mata pelajaran dan semua jenjang kelas.Dengan permainan ular tangga ini siswa lebih termotivasi untuk membaca buku sebelum maupun sesudah pembelajaran, sehingga kebiasaan membaca buku pelajaran dapat ditumbuhkan.

References

Asyhar, R. 2012. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi Jakarta.

Komalasari, Kokom. 2010. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung : PT Refika Aditama

Marisa, dkk. 2013. Komputer dan Media Pembelajaran. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Zuhdi, Ahmad. 2010. Menjadi Guru Idola. Yogyakarta: Gen-K Publisher

Simanjuntak, M. 2011). Memaknai Hakikat Minat Baca untuk Tujuan Praktis. Visi Pustaka, 13(3) : 45-49

http://www.republika.co.id/berita/koran/opini-koran/16/07/22/oapl025-minat-baca-yang-rendah

Additional Files

Published

2017-11-13

Issue

Section

Education and Social Science